Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Ikan Lele Raksasa yang Ditangkap di Italia?

Kompas.com - 17/06/2023, 06:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Baru-baru ini berhasil pemancing menangkap ikan lele berukuran raksasa di Sungai Po di Italia.

Ini mungkin tangkapan ikan lele terbesar di dunia yang pernah ditemukan. Tidak main-main lele tersebut panjangnya mencapai 2,85 meter.

Tangkapan ikan raksasa itu mengalahkan rekor dunia sebelumnya untuk ikan lele Wels (Silurus glanis) terbesar yang pernah ditangkap.

Rekor sebelumnya yang juga ditangkap di Sungai Po berukuran 2,81 meter.

"Ketika muncul pertama kali, saya menyadari saya berhasil mengait seekor monster. Saya menghadapi lele terbesar yang pernah saya lihat dalam 23 tahun," kata Alessandro Biancardi, pemancing Italia yang menangkap lele, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Seperti Apa Ikan yang Hidup di Kedalaman 8.000 Meter?

Setelah menangkap ikan lele raksasa itu, ia dan rekan-rekan mengukurnya sebelum melepaskannya kembali ke sungai.

"Dokumentasi sudah dikirim ke Intenational Game Fish Association (IGFA) agar mereka bisa mencatat secara resmi ikan besar ini," papar Biancardi seperti dikutip dari Live Science, Jumat (16/6/2023).

Ikan lele tumbuh besar di perairan hangat

Lele Wels adalah ikan air tawar terbesar di Eropa yang dikenal sebagai spesies anadromous.

Ikan itu berasal dari Eropa Tengah dan Timur tetapi telah diperkenalkan ke bagia lain benua itu dalam 25 tahun terakhir. Populasinya menyebar di sungai-sungai besar di Italia, Prancis, dan Spanyol.

Sungai Po, yang berkelok-kelok melintasi Italia utara dan kota Turin serta Piacenza, merupakan hotspot ikan lele yang sangat besar.

Baca juga: Seperti Apa Wujud Ikan Misterius yang Ditemukan di Gua China?

 

"Lele Wels diperkenalkan di Sungai Po sekitar tahun 2000. Ketika spesies ikan diperkenalkan ke lingkungan baru yang cocok, pertumbuhannya tinggi," kata Per Larsson, profesor tamu di Universitas Linnaeus di Swedia yang mempelajari ikan predator.

Larsson telah mempelajari populasi lele Wels di habitat paling utara mereka di Swedia, di mana hewan ini memiliki tingkat pertumbuhan yang jauh lebih lambat daripada di wilayah selatan, karena iklim yang lebih dingin.

Dalam sebuah studi tahun 2022 yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, Larsson dan rekan-rekannya mendokumentasikan individu sepanjang 1,95 Meter yang diperkirakan berusia 70 tahun.

Akan tetapi, ikan lele raksasa yang ditangkap di daerah Eropa yang lebih hangat biasanya jauh lebih muda dari itu. Ikan lele Wels yang baru ditangkap mungkin berusia 20 hingga 30 tahun.

Larsson menambahkan temperatur yang hangat, lingkungan yang sesuai, dan banyak makanan dapat berkontribusi pada ukuran ikan.

Sayangnya, Sungai Po mengering karena penurunan curah salju yang biasanya mengisi kembali sungai di bulan-bulan musim panas yang hangat.

Meski tidak jelas bagaimana kekeringan akan memengaruhi ikan lele Wels, tetapi ini sepertinya dapat menimbulkan masalah bagi ikan raksasa tersebut.

Baca juga: Seperti Apa Buaya Terbesar di Dunia yang Hidup di Penangkaran?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com