Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2023, 09:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Truffle merupakan salah satu bahan paling legendaris dan mewah di dunia kuliner. Harga yang sangat mahal juga semakin menambah kepopuleran truffle.

Dilansir dari The Spruce Eats, truffle adalah bagian penghasil spora dari jamur dalam keluarga Tuberaceae yang hidup di bawah tanah, terutama di sekitar akar pohon di hutan lembap.

Secara botani, truffle termasuk spesies jamur, yang berkisar dari seukuran kenari hingga seukuran kepalan tangan. 

Kenapa truffle sangat mahal?

Mengutip IFL Science, truffle sangat mahal karena merupakan sumber daya langka yang sulit ditemukan dan sangat musiman. 

Baca juga: Ini Manfaat Jamur Cordyceps untuk Kesehatan Menurut Sains

Truffle hanya akan tumbuh di bawah pohon tertentu dan di bawah kondisi yang tepat. Faktor-faktor yang dapat membuat perubahan iklim tidak stabil, menurut penelitian, dapat mengancam keberadaan truffle.

Truffle hitam, T. melanosporum, adalah "ikon kuliner" dan harganya bisa mencapai £1.000 per kilogram, yang membuat industri truffle diperkirakan bernilai sangat mahal. 

Bahkan, penelitian telah memproyeksikan bahwa nilai industri truffle di masa mendatang bisa mencapai £4,5 miliar dalam waktu 20 tahun ke depan.

Peneliti Paul Thomas mengatakan, mengingat skenario perubahan iklim yang paling mungkin terjadi, produksi truffle Eropa akan menurun antara 78 dan 100 persen antara tahun 2071 dan 2100.

Baca juga: Mengapa Ada Jamur yang Beracun dan yang Tidak?

Namun, penurunan ini mungkin terjadi sebelum waktu tersebut, jika faktor perubahan iklim lainnya diperhitungkan, seperti gelombang panas, kebakaran hutan, kekeringan, hama, dan penyakit.

Truffle termahal hingga saat ini dijual di lelang seharga $330.000, dan bisa jadi truffle akan lebih berharga karena perubahan iklim meningkatkan kelangkaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com