Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2023, 12:31 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Laba-laba Black Widow adalah spesies arakhnida dalam genus Latrodectus yang dikenal dengan penampilan betina yang unik dan mencolok, serta kecenderungan untuk memakan pasangannya.

Black Widow juga merupakan laba-laba paling berbisa di Amerika Utara, meski demikian gigitan mereka jarang berakibat fatal bagi manusia.

Fakta laba-laba Black Widow

Tak hanya itu saja, masih ada beberapa fakta lain mengenai Black Widow yang mungkin belum banyak diketahui. Apa saja, berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari Live Science.

  • Ciri fisik

Seperti halnya jenis laba-laba lainnya, Black Widow jantan dan betina terlihat sangat berbeda satu sama lain.

Fakta menarik dari Black Widow betina yakni memiliki penampakan yang khas dengan tubuh hitam mengkilap dan tanda berbentuk jam pasir merah di bagian bawah perut bundar mereka. Tanda jam pasir itu juga bisa berwarna oranye-kuning.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Kuku Manusia

Sebagai perbandingan, laba-laba jantan berwarna lebih terang dengan perut lebih kecil. Laba-laba Black Widow betina memiliki panjang tubuh hingga 13 Mm, sedangkan jantan biasanya sekitar setengah ukuran betina.

  • Habitat laba-laba

Laba-laba Latrodectus ditemukan di daerah beriklim sedang di seluruh dunia, termasuk Amerika Utara, Eropa Selatan dan Asia, Australia, Afrika, dan sebagian besar Amerika Selatan.

Mereka akan membuat sarang dari daerah perkotaan, hutan, gurun hingga padang rumput.

  • Makanan Black Widow

Seperti kebanyakan laba-laba, Black Widow memakan laba-laba dan serangga lain yang tersangkut di jaringnya. Namun terlepas dari reputasi mereka untuk kanibalisme seksual, betina biasanya justru tidak memakan pasangannya.

Bahkan, fakta menarik dan mengejutkan dari spesies laba-laba ini adalah bayi Black Widow yang baru lahir sering memakan saudara mereka yang baru menetas saat keluar dari telurnya.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Telur Burung, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com