Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Ada Lubang Hitam Terbesar di Alam Semesta?

Kompas.com - 25/03/2023, 08:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lubang hitam adalah objek tunggal alam semesta yang sangat masif di luar angkasa, bahkan cahaya pun tidak dapat menghindarinya.

Akan tetapi, di antara ukuran yang masif tersebut, apakah ada lubang hitam atau black hole yang terbesar yang pernah ada dan seberapa besarkah itu?

Lubang hitam terbesar

Dikutip dari Live Science, Jumat (24/3/2023) lubang hitam terbesar yang diamati dengan massa terkonfirmasi itu diberi nama TON 618.

Lubang hitam tersebut beratnya kira-kira 40 miliar massa Matahari.

Baca juga: Apakah Ada Bintang Tertua di Alam Semesta?

TON 618 terletak sekitar 18,2 miliar tahun cahaya dari Bumi. Di langit malam, lubang hitam terbesar tersebut berada di perbatasan antara konstelasi Canes Venatici dan Coma Berenices.

Para astronom pertama kali melihat lubang hitam besar ini dalam survei tahun 1957 dari Observatorium Tonantzintla di Meksiko, tetapi tidak menyadari apa itu.

Awalnya mereka mengira itu adalah bintang biru redup, tetapi pengamatan satu dekade kemudian mengungkapkan bahwa para astronom telah melihat sekilas radiasi kuat dari materi yang jatuh ke dalam lubang hitam raksasa.

Radiasi kuat itu terjadi ketika lubang hitam TON 618 memberi daya pada quasar, salah satu objek paling terang di seluruh alam semesta dengan kekuatan penerangan 140 triliun Matahari.

Baca juga: Apakah Ada Petir di Luar Angkasa?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com