Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2022, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Lazimnya, kita mengenal bahwa ikan adalah hewan laut yang bergerak dengan cara berenang. Akan tetapi, apakah ada ikan yang bisa terbang?

Faktanya, ikan terbang atau flying fish itu ternyata memang ada, namun bukan berarti ikan ini 'benar-benar terbang'.

Ikan terbang adalah sekelompok ikan laut yang tampak terbang tepat di atas permukaan air, seperti dikutip dari Science ABC, Selasa (27/12/2022).

Cara terbang ikan tersebut lebih mirip seperti tokoh animasi, Buzz Lightyear dalam film animasi Toy Story. Artinya, bukan terbang, melainkan jatuh dengan gaya.

Saat berada di laut, mungkin orang akan mengiranya seperti burung yang terbang di atas lautan. Hanya saja, ikan-ikan ini tidak mengepakkan 'sayap' untuk terbang seperti yang dilakukan burung.

Ikan terbang merupakan spesies yang termasuk dalam keluarga Exocoetidae, yang terdiri lebih dari 40 spesies berbeda.

Baca juga: Apakah Ikan Pari Punya Gigi?

Namun, perbedaan utama di antara genera ikan terbang ini terdiri dari berapa banyak sirip yang mirip sayap yang dimiliki.

Beberapa jenis ikan terbang di antaranya hanya memiliki dua sirip yang mirip sayap pada sirip dada, yang berada tepat di belakang kepala.

Sedangkan anggota ikan terbang lain dalam famili ini memiliki empat sirip seperti sayap, yakni dua sirip di dada dan dua sirip lainnya berada di perut. Sirip perut ini ditemukan pada sepertiga terakhir tubuh di sebelah lubang anus.

Tidak hanya burung, namun berbagai jenis hewan di dunia ini juga ada yang bisa terbang.

Adaptasi aneh ikan terbang ini merupakan cara mereka menghindari diri dari predator laut yang lapar, namun tak berarti adaptasi ini tidak berisiko bagi mereka.

Sebab, saat harus melarikan diri dari predator laut dengan cara terbang, ikan terbang juga akan menghadapi risiko dimangsa oleh burung.

Baca juga: Apakah Ikan Arapaima Bisa Dimakan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com