Beruang Gua Diburu Manusia Purba untuk Diambil Bulunya Sebagai Mantel

Kompas.com - 27/12/2022, 09:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Manusia ternyata telah menggunakan bulu beruang gua untuk melindungi diri dari cuaca dingin setidaknya selama 300.000 tahun.

Hasil temuan ini berdasarkan pada bekas luka pada tulang metatarsal dan phalanx beruang gua yang ditemukan di situs Paleolitik Bawah Schoningen di Lowe Saxony, Jerman.

Studi ini sendiri dilakukan oleh tim arkeologi dari University of Tubingen, Senckenberg Centre for Human Evolution and Palaeoenvironment (SHEP) di Tubinen bersama dengan seorang rekan dari Leiden University.

"Bekas luka pada tulang sering ditafsirkan dalam arkeologi sebagai indikasi pemanfaatan daging tapi hampir tak ada daging di bagian tulang tangan dan kaki. Dalam hal ini, kita dapat menghubungkan bekas luka yang begitu halus dan tepat dengan pengupasan kulit yang hati-hati," jelas Ivo Verheijen, peneliti dari Tubingen.

Dikutip dari Phys, Senin (26/12/2022) beruang gua yang punah memiliki bulu yang terdiri dari bulu luar yang panjang.

Bulu beruang ini juga membentuk lapisan pelindung yang lapang, serta bulunya pendek dan lebat, sehingga dapat memberikan insulasi yang sangat baik. Beruang membutuhkan bulunya untuk hibernasi.