Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2022, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber AZ Animals


KOMPAS.com - Ikan pari adalah salah satu hewan laut yang memiliki ciri fisik yang unik, yakni tubuhnya yang lebar dan pipih. Namun pertanyaan menariknya, apakah ikan pari punya gigi?

Stingrays atau ikan pari adalah spesies dari ordo Myliobatiformes yang bertubuh pipih atau datar, masih termasuk kerabat hiu.

Dalam urutan kekerabatan dengan hiu, ada delapan keluarga ikan pari yang berbeda, dengan lebih dari 200 spesies yang hidup di seluruh dunia.

Dikutip dari AZ Animals, Sabtu (19/11/2022), ikan pari merupakan spesies yang hidup di perairan tropis dan subtropis, di kedalaman laut, maupun di perairan air tawar seperti sungai.

Fakta unik gigi ikan pari

Sepupu hiu ini juga memiliki anatomi tubuh yang unik, yakni dilengkapi dengan ekor yang mirip pisau tulang belakang yang sangat tajam.

Baca juga: Apakah Ikan Pari Berbahaya bagi Manusia?

Termasuk dalam keluarga predator, apakah ikan pari punya gigi?

Jenis ikan pari sangatlah beragam. Beberapa di antara spesies ini memiliki rahang dan gigi paling menarik di antara hewan-hewan yang ada di planet ini.

Gigi ikan pari, mungkin tidak memiliki tampilan yang mirip gigi pada kebanyakan satwa.

Keunikan gigi ikan pari adalah bentuknya yang tampak rata, dan terbuat dari sisik plakoid yang dimodifikasi, disebut sebagai dentikel dermal. Komposisi gigi ikan pari tersebut adalah jenis sisik yang sama yang ditemukan pada tubuh hiu.

Sama seperti hiu, ikan pari juga selalu menanggalkan dan menumbuhkan kembali giginya sepanjang hidup mereka. Namun, untuk melakukan ini, ikan pari akan terus menumbuhkan gigi bari di bawah gigi mereka saat ini.

Oleh karena itu, jumlah gigi di mulut ikan pari akan terus berfluktuasi, tanpa perlu khawatir akan kehilangan semua gigi, karena gigi ikan pari akan selalu tumbuh.

Baca juga: Mengenal Ikan Pari, Ikan Unik yang Ada di Seluruh Perairan Bumi

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber AZ Animals
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com