Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/02/2023, 13:15 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber AZ Animals


KOMPAS.com - Selama ini, kita tahu bahwa hewan-hewan yang memiliki racun seperti ular, laba-laba atau katak beracun. Namun, apakah ada burung beracun?

Ternyata keberadaaan burung beracun memang ada. Studi tentang burung yang memiliki racun ini termasuk unik dan relatif baru.

Dilansir dari AZ Animals, Jumat (17/2/2023), penelitian tentang burung beracun telah mulai dilakukan dalam dua dekade terakhir.

Kendati demikian, untuk menemukan burung beracun bukan hal yang mudah dilakukan para peneliti.

Sebab, burung beracun umumnya sangat langka dan sulit ditemukan. Seringkali burung-burung beracun ini hidup di daerah terpencil yang mematikan seperti hutan hujan dan hutan rimba.

Baca juga: Apakah Burung Buang Air Kecil?

Selain itu, kesulitan untuk menemukan keberadaan burung beracun ini adalah tindakan pencegahan yang harus dilakukan untuk menanganinya.

Burung beracun tidak seperti hewan-hewan beracun lainnya, seperti ular atau laba-laba. Racun ular dan laba-laba umumnya dikeluarkan dengan cara menyuntikkan melalui gigitan.

Pada burung beracun, sifat beracun mereka diterima melalui tumbuhan atau hewan yang mereka konsumsi.

Penelitian menunjukkan bahwa spesies burung beracun mengembangkan sifat mereka melalui evolusi yang diadaptasi untuk menyimpan racun yang secara morfologis unik bagi mereka.

Kendati demikian, dengan menemukan burung-burung beracun di dunia, akan dapat dipahami bagaimana mereka dapat berpotensi memberikan bahaya pada manusia atau makhluk hidup lainnya.

Baca juga: Ke Mana Burung Pergi saat Hujan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com