Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2022, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Burung kenari adalah hewan peliharaan pemikat hati yang tidak sulit dirawat. Tak heran jika kenari yang memiliki banyak jenis ini digemari pecinta burung.

Burung kenari adalah burung kenari liar atau Finch Bird kecil yang spesies awal ditemukan berasal dari pulau-pulau di Makaronesia seperti di pulau Azores, Madeira, dan Kepulauan Canary, dikutip dari The Spruce Pets, Senin (31/10/2022).

Pertama kali, burung kenari dikembangbiakkan di penangkaran sejak abad ke-17, burung tersebut tiba di Eropa melalui pelaut Spanyol setelah mereka menaklukkan kepulauan Makaronesia.

Kini, burung ini banyak dipelihara sebagai burung peliharaan kesayangan oleh banyak penggemar burung di seluruh dunia.

Namun, burung-burung kenari yang kini banyak dijual belikan, dan dipelihara pecinta burung di seluruh dunia, secara genetik sudah sangat berbeda dengan nenek moyang mereka, burung kenari liar dari kepulauan Makaronesia.

Pasalnya, burung kenari mudah berkembang biak dengan spesies burung finch lainnya, sehingga hibridisasi dua jenis burung ini menghasilkan burung kenari yang unik.

Baca juga: Mengenal Burung Kenari, dari Mana Asal Burung Ini?

Jenis-jenis burung kenari yang dikembangbiakkan sebagai hewan peliharaan ini lahir dengan berbagai varietas.

Kebanyakan dari burung-burung kenari tersebut dikembangbiakkan untuk bentuk dan ukuran, dibandingkan kemampuan bernyanyi atau warna bulunya yang unik dan menarik.

Berikut ini jenis-jenis burung kenari yang dikembangbiakkan saat ini dan merupakan varietas burung yang terbaik di antara banyaknya jenis burung kenari yang dibiakkan.

1. Jenis burung kenari American Singer

Burung kenari American Singer adalah jenis burung kenari penyanyi yang ramah dan bersahabat. Dikuti dari Pet Keen, Senin (31/10/2022), burung ini dikembangbiakkan di Amerika Serikat, dikenal sebagai burung yang suka berkicau.

Burung kenari Amerika dikenal dengan kemampuan mereka berkicau atau bernyanyi dengan melodi dan interaktif. Kemampuan burung penyanyi ini pun menjadikannya hewan peliharaan yang disukai keluarga dan anak-anak.

American Singer Canary atau burung kenari Amerika ini memiliki berbagai jenis warna, antara lain putih, biru, hijau, coklat kekuningan dan kuning.

Baca juga: Fosil Burung Terbesar di Dunia Ditemukan di Australia, Seperti Apa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com