Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Kandungan Air Mineral yang Disebut Sehat untuk Tubuh?

Kompas.com - 01/03/2023, 19:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Healthline


KOMPAS.com - Kandungan air mineral membuat jenis air minum ini dianggap lebih sehat untuk tubuh dibandingkan air diambil dari keran atau ledeng lalu direbus.

Salah satu alasannya adalah air mineral diambil dari sumber mata air, yang sebagian besar berasal dari pegunungan.

Lantas, apa saja kandungan air mineral yang dianggap sehat bagi tubuh ini?

Asal air mineral yakni dari sumber mata air di bawah tanah, yang airnya ini adalah air alami, dikutip dari Healthline, Rabu (1/3/2023).

Karena berasal dari alam, maka air tersebut menjadi sumber mineral yang sangat baik. Di dalam air minum alami ini terkandung berbagai senyawa organik, serta kaya akan mineral penting seperti kalsium, magnesium dan natrium.

Baca juga: Apa Saja Kandungan Daun Kelor yang Dijuluki Superfood Ini?

Bukti ilmiah menunjukkan bahwa kandungan air mineral memiliki banyak nutrisi, telah diteliti dalam berbagai studi, salah satunya yang dipublikasikan di jurnal Clinical Cases in Mineral and Bone Metabolism.

Air minum mineral kini banyak dikemas ke dalam berbagai produk. Namun, pengemasan air minum tersebut, tak hanya terkait keamanan kemasan, tetapi juga proses pengolahannya.

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) menetapkan bahwa air minum bermineral alami ini harus memiliki tidak kurang dari 250 parts per million (ppm) dari total padatan terlarut dari sumbernya.

Selain itu, saat memasuki proses pengemasan dalam botol, air ini tidak boleh ditambahkan mineral lain, selain yang sudah terkandung secara alami dari sumbernya.

Air mineral juga dapat diolah lagi untuk menghilangkan zat yang dapat berpotensi beracun, di antaranya seperti zat arsenik.

Baca juga: Apa Saja Dampak Melewatkan Makan bagi Kesehatan?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com