Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2022, 12:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Anjing tak hanya dikenal sebagai sahabat manusia, bahkan mungkin di antara kita telah menjadikan hewan setia ini sebagai teman hidup. Di antara banyak jenis anjing, ada beberapa yang disebut bisa hidup lebih lama.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa rata-rata harapan hidup seekor anjing bisa lebih dari 10 tahun. Namun, tidak semua jenis anjing memiliki umur yang panjang, sehingga bisa menemani tuannya dalam waktu yang lama.

Para peneliti, seperti dikutip dari Live Science, Selasa (27/12/2022), menunjukkan hasil studi yang dilakukan terhadap lebih dari 30.000 anjing yang mati antara tahun 2016 dan 2020.

Jenis anjing yang dianalisis dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports pada April 2022 ini di antaranya terdiri dari 18 breed dan anjing blasteran di Inggris Raya.

Hasil studi menunjukkan, anjing-anjing ini bisa hidup hingga usia rata-rata 11,2 tahun, tergantung ras anjing tersebut.

Baca juga: Anjing juga Bisa Cemburu saat Lihat Saingannya, Kok Bisa?

Jack Russell Terrier jenis anjing berumur panjang

Dari studi ini, secara keseluruhan para ilmuwan menemukan, anjing Jack Russell Terrier memiliki harapan hidup atau usia yang lebih panjang, yakni 12,7 tahun.

Sedangkan jenis anjing berumur pendek diketahui adalah anjing bulldog Perancis yang hanya memiliki harapan hidup terendah yakni 4,5 tahun.

"Sayangnya, sementara banyak breed mempertahankan bentuk tubuh dasar yang sehat, misalnya (ras anjing) Labrador retriever, beberapa breed lainnya mengikuti jalur ke bentuk tubuh yang ekstrim, misalnya bulldog Inggris," kata dokter hewan dan ahli epidemiologi di Royal Veterinary College di Hertfordshire, Inggris, Dr. Dan O'Neill.

O'Neill menambahkan anjing Jack Russell Terrier mungkin memiliki hidup yang lebih lama dibandingkan ras anjing lainnya, sebagai bagian dari tren bahwa anjing yang lebih kecil dapat hidup lebih lama.

Tak hanya itu, jenis anjing ini juga tidak dibiakkan untuk memiliki bentuk tubuh yang tidak biasa yang dapat membatasi kesehatan mereka secara keseluruhan.

Baca juga: Berapa Lama Anjing Bisa Hidup?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com