Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing juga Bisa Cemburu saat Lihat Saingannya, Kok Bisa?

Kompas.com - 13/04/2021, 19:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com- Penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science mengungkapkan jika anjing ternyata juga menunjukkan perilaku cemburu yang diperlihatkan dari vokalisasi atau perilaku gelisah mereka.

Menariknya, pengamatan dalam studi ini menyebut bahwa perilaku cemburu pada anjing terjadi hanya dengan membayangkan bahwa pemiliknya berinteraksi dengan anjing lain.

"Penelitian telah mendukung apa yang diyakini oleh banyak pemilik anjing bahwa hewan kaki empat itu menunjukkan perilaku cemburu ketika pemiliknya berinteraksi dengan saingan potensial mereka," kata Amalia Bastos, penulis utama studi dari University of Auckland, Selandia Baru.

"Kami ingin mempelajari perilaku tersebut lebih lengkap untuk menentukan apakah anjing dapat memiliki kecemburuan seperti manusia," papar Bastos, seperti dikutip dari Phys, Selasa (12/4/2021).

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Seperti Manusia, Anjing juga Bermimpi

 

Anjing tampaknya menjadi salah satu dari sedikit spesies yang mungkin menunjukkan perilaku cemburu dengan cara yang mirip anak manusia.

Anjing cemburu seperti anak manusia yang menunjukkan kecemburuan, ketika ibunya memberikan kasih sayang kepada anak lain.

Pada manusia, kecemburuan terkait erat dengan kesadaran diri, yang merupakan salah satu alasan peneliti kognisi hewan sangat tertarik untuk mempelajari kecemburuan dan emosi sekunder lainnya pada hewan.

Untuk menguji bagaimana dan kapan anjing menunjukkan perilaku cemburu, para peneliti pun memberikan 18 anjing pada situasi di mana mereka dapat membayangkan interaksi sosial antara manusia dan anjing palsu yang realistis berbentuk tabung bulu domba.

Anjing palsu berfungsi sebagai saingan potensial untuk diperhatikan sementara tabung berfungsi sebagai kontrol.

Baca juga: Bukti Lain Keandalan Penciuman Anjing, Mampu Deteksi Kanker Prostat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com