Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Jadi Penyebab Gagal Ginjal Akut Anak, Kenapa Etilen Glikol dan Dietilen Glikol Ada dalam Obat Sirup?

Kompas.com - 22/10/2022, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Kasus gagal ginjal akut misterius pada anak yang merebak di Indonesia saat ini, salah satu dugaan penyebab penyakit ini karena campuran senyawa obat sirup yakni etilen glikol dan dietilen glikol.

Kendati hingga saat ini belum ada kesimpulan penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak, namun Kementerian Kesehatan menemukan bahwa terdapat beberapa pasien yang mengalami gangguan ginjal akut yang dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) memiliki zat kimia berbahaya di dalam tubuhnya.

Seperti diberitakan Kompas.com, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada tujuh dari 11 pasien gangguan ginjal akut di RSCM yang di dalam tubuhnya memiliki zat berbahaya yakni etilen glikol, dietilen glikol dan etilen glikol butyl ether/EGBE.

"Ternyata dari anak-anak yang kita tes di RSCM, dari 11 (anak), 7 anak positif memiliki zat kimia berbahaya yaitu etilen glikol, dietilen glikol, dan etilen glikol butyl ether/EGBE," kata Budi dalam konferensi pers di Kemenkes, Jakarta, Jumat (21/10/2022).

Prof. Dr. apt. Yahdiana Harahap, M.Si, Profesor Kimia Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) mengungkapkan, dalam kuliah kimia organik, etilen glikol adalah senyawa alkohol yang termasuk dalam kelompok alkohol polivalen karena hidroksinya.

Baca juga: Waspada Gejala Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak

Hal itu disampaikan Prof Yahdi dalam Talkshow Antihoax "Menjawab Kepanikan Etilen Glikol, Parasetamol Sirup, dan Gagal Ginjal Akut Anak", Sabtu (22/10/2022), menyusul merebaknya gangguan ginjal akut misterius pada anak, yang diduga penyebab salah satu dari kondisi ini adalah kandungan senyawa kimia tersebut dalam obat sirup anak.

Senyawa etilen glikol dan dietilen glikol biasanya digunakan untuk kepentingan non-oral. Misalnya dietilen glikol, biasanya digunakan oleh industri kosmetik. Kosmetik yang tidak untuk dikonsumsi masuk ke dalam tubuh.

Sementara untuk kepentingan farmasi, kedua senyawa alkohol tersebut tidak digunakan.

Namun, berbeda dengan senyawa alkohol lainnya seperti gliserol, propilen glikol, polietilen glikol dan sorbitol.

Senyawa-senyawa sejenis tersebut sudah dinyatakan aman digunakan untuk industri obat atau farmasi, terutama sebagai bahan pembuatan obat sediaan berbentuk cair.

Jika tidak semestinya tidak digunakan sebagai bahan campuran obat sirup, bagaimana etinel glikol dan dietinel glikol terdeteksi dalam obat sirup anak dan diduga jadi penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak?

Baca juga: Apa Penyebab Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com