Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal Ginjal Akut Misterius Banyak Dialami Anak Balita, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Kompas.com - 17/10/2022, 16:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan gagal ginjal akut misterius pada anak banyak terjadi pada anak usia balita atau di bawah lima tahun. Penyakit ini ditandai dengan berkurangnya produksi urine atau menurunnya jumlah buang air kecil.

Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI, dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengatakan bahwa gagal ginjal akut atau Acute Kidney Injury (AKI) pada anak terjadi secara tiba-tiba.

Gejala awal, berdasarkan wawancara dengan para orangtua, menunjukkan bahwa anak-anak mereka sempat mengalami batuk, pilek, diare atau muntah, serta demam.

"Bukan tipikal (tanda-tanda) infeksi yang kemudian menyebabkan AKI (gagal ginjal akut) secara teori kedokteran. Itulah yang membuat kami heran," ungkap dr Eka, Selasa (11/10/2022) lalu.

Gejala-gejala tersebut timbul selama beberapa hari. Lalu dalam tiga sampai lima hari, menurut dr Eka, anak-anak tersebut mendadak buang air kecil sangat sedikit, mendadak tidak ada urine, atau betul-betul tidak mengeluarkan urine atau buang air kecil.

Tanda-tanda atau gejala gagal ginjal akut misterius pada anak inilah yang paling khas atau banyak dilaporkan, sehingga orangtua diimbau waspada apabila anak tiba-tiba mengalami gangguan buang air kecil, yakni tidak buang air kecil sama sekali, langsung diperiksakan ke rumah sakit.

Baca juga: Anak dengan Gagal Ginjal Akut Misterius Datang dengan Gejala Tak Bisa Kencing

Lebih lanjut dr Eka mengungkapkan pada umumnya gagal ginjal akut misterius pada anak, banyak dialami anak-anak usia balita hingga usia 8 tahun, menurut data di Jakarta.

Namun, di beberapa cabang IDAI di Indonesia, juga melaporkan gagal ginjal akut misterius ini juga dialami anak dibawah usia 5 tahun hingga belasan tahun.

Apa itu gagal ginjal akut pada anak?

Dikutip dari InfoKID Kidney Care UK, Acute Kidney Injury (AKI) atau gagal ginjal akut adalah kondisi saat ginjal berhenti bekerja dalam waktu singkat, bisa beberapa hari atau beberapa minggu.

Anak-anak dengan gagal ginjal akut ini memiliki gejala yang berbeda, dan sebagian besar bergantung pada apa yang menyebabkan AKI.

Pada beberapa anak dengan gagal ginjal akut mungkin akan membaik dengan sendirinya, meski tanpa pengobatan.

Namun, beberapa anak dengan gagal ginjal akut ini perlu minum obat atau menjalani perawatan yang lebih intensif, bahkan ada yang mengembangkan kondisi serius.

Baca juga: Bagaimana Perawatan Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com