Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Perawatan Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak?

Kompas.com - 14/10/2022, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Gagal ginjal akut yang menyerang anak-anak usia di bawah lima tahun di Indonesia masih belum diketahui penyebabnya. Lantas, bagaimana perawatan gagal ginjal akut misterius pada anak yang dilakukan oleh dokter?

Acute Kidney Injury (AKI) atau gagal ginjal akut yang misterius pada anak dilaporkan dialami 131 anak di sejumlah wilayah di Indonesia, menurut laporan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Selasa (11/10/2022).

Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI, dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengungkapkan sebagian besar anak-anak yang didiagnosis mengalami gagal ginjal akut atau Acute Kidney Injury (AKI) ini datang dengan kondisi tidak bisa kencing atau jumlah volume buang air kecilnya sangat sedikit.

"Bahkan ada yang sama sekali tidak buang air kecil," kata dr Eka.

Pada Agustus 2022, sejumlah rumah sakit melaporkan lonjakan kasus acute kidney injury atau gagal ginjal akut yang terjadi pada anak-anak.

Dr Eka mengungkapkan bahwa banyak pasien anak dengan gagal ginjal akut masuk ke rumah sakit dengan kondisi tiba-tiba tidak ada urine atau tidak buang air kecil.

Baca juga: Anak dengan Gagal Ginjal Akut Misterius Datang dengan Gejala Tak Bisa Kencing

Selanjutnya, langkah terapi yang dilakukan yakni perawatan gagal ginjal akut pada anak secara konservatif tanpa melakukan cuci darah dengan memberikan obat atau cairan. Beberapa pasien kemudian membaik dan produksi urine atau air seninya mulai keluar.

Perlu dicatat bahwa kondisi gagal ginjal akut misterius pada anak atau Acute Kidney Injury (AKI) yang terjadi ini, organ ginjal tidak mengalami sumbatan atau tidak ada sumbatan pada aliran buang air kecil.

Akan tetapi, ginjal sama sekali tidak memproduksi urine atau air seni. Untuk mengetahuinya, dr Eka menjelaskan, dokter telah memasukkan kateter, namun tidak ada urine yang keluar dari tubuh anak.

Dokter juga telah melakukan pemeriksaan melalui USG, dan tidak melihat atau tidak menemukan sumbatan, dan ginjal pasien memang tidak memproduksi urine.

Perawatan anak dengan gagal ginjal akut misterius

Acute Kidney Injury atau gagal ginjal akut pada anak, penyebabnya masih misterius dan masih dalam investigasi. Oleh karenanya, IDAI, menurut dr Eka, hingga saat ini hanya memberikan panduan perawatan gagal ginjal akut pada anak yang sifatnya dinamis.

Baca juga: Apa Penyebab Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com