Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2022, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber AZ Animals


KOMPAS.com - Bebek adalah hewan yang termasuk unggas air yang beberapa di antaranya menghabiskan sebagian besar waktunya di lingkungan air. Namun, bagaimana cara bebek atau itik tidur?

Spesies yang termasuk burung air ini merupakan keluarga Anatidae yang sama dengan angsa, meski angsa tidak termasuk jenis bebek.

Bebek hidup di air tawar, seperti kolam, danau atau sungai. Ada juga beberapa spesies bebek yang hidup di air asin atau payau.

Menghabiskan sebagian besar waktunya di air, lalu bagaimana cara bebek tidur?

Dikutip dari AZ Animals, Jumat (14/10/2022), berbagai spesies dan hewan memiliki pola perilaku yang berbeda-beda, bahkan saat mereka tidur.

Bebek yang hidup di air, maka kebanyakan mereka akan tidur mengambang di atas air. Unggas ini tidak pemilih untuk mencari tempat untuk tidur, mereka fleksibel dalam memilih tempat untuk tidur.

Baca juga: Kenapa Bebek Tidak Basah Saat Berenang di Air?

Seperti spesies bebek Mallards yang dapat tidur di darat maupun di air. Spesies bebek atau itik lainnya seperti bebek Muscovy juga bisa tidur dengan cara bertengger di tanah.

Namun, pada dasarnya pola tidur atau perilaku bebek saat tidur bergantung pada faktor lingkungan tertentu, seperti perubahan musim.

Saat cuaca dingin, bebek atau itik akan cenderung aktif di malam hari dengan lebih banyak bergerak, sedangkan saat cuaca lebih hangat, maka mereka akan lebih banyak makan.

Cara unik bebek tidur

Cara bebek tidur biasanya akan disesuaikan juga dengan kondisi di sekitarnya, karena unggas ini rentan terhadap serangan predator saat tidur.

Oleh karenanya, bebek atau itik mengembangkan kebiasaan tidur atau cara tidur yang unik untuk membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan yang menantang agar dapat bertahan hidup di alam liar.

Baca juga: Apakah Bebek Bisa Terbang?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com