Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Bebek Tidak Basah Saat Berenang di Air?

Kompas.com - 12/10/2022, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Bebek adalah unggas yang pandai berenang dan sebagian hidupnya dihabiskan di lingkungan yang basah. Namun, pernahkah menyadari kenapa bulu bebek tidak basah saat berenang di air?

Bebek merupakan burung yang termasuk dalam keluarga Anatidae, yang mana habitat mereka selalu berada di dekat air, baik air tawar maupun air asin.

Sebagian besar spesies bebek berkembang biak setahun sekali dan bersifat monogami, tetapi ikatan antara jantan dan betina seringkali hanya berlangsung selama setahun, dikutip dari Sciencing, Selasa (11/10/2022).

Bebek hidup di air dan menghabiskan sekitar 10 jam di sarang sebelum menuju ke air untuk mencari makan. Beberapa spesies bebek adalah jenis penyelam, namun ada juga yang hanya sesekali menyelam.

Namun, ada yang menarik dari unggas bermulut pipih ini. Sebab, bebek tidak akan basah saat mereka menyelam atau terkena air.

Bebek adalah burung yang bersifat akuatik, yang mana tentunya memiliki bulu yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan hidup mereka.

Baca juga: Apakah Bebek Bisa Terbang?

Fakta bebek yang perlu diketahui adalah bahwa hampir semua spesies bebek memiliki bulu kedap air atau waterproof, tidak akan basah oleh air, sehingga memungkinkan mereka bergerak lincah saat berada di dalam air untuk berburu.

Bebek tidak basah ketika terkena air karena bulu-bulunya terlapisi lapisan minyak.

Dikutip dari AZ Animals, untuk membuat bulu mereka tahan air, bebek biasanya akan mengumpulkan minyak khusus yang dihasilkan oleh kelenjar minyak alami mereka.

Kelenjar minyak ini berada di bagian ekor bebek. Saat mereka mengumpulkan minyak alami ini, bebek akan mengoleskannya ke seluruh tubuh mereka, sehingga membuat bulu bebek tetap tahan air.

Pada anak-anak bebek, mereka akan mendapatkan lapisan anti air atau minyak alami dari induk mereka.

Minyak alami yang dioleskan induk bebek akan membantu suhu tubuh anak-anak bebek initetap stabil dan membantu mereka tenggelam saat mengikuti induknya berenang di air.

Setelah usia 2 bulan, maka anak-anak bebek tersebut akan memiliki bulu yang memungkinkan mereka untuk terbang dan mandiri, dan memiliki lapisan atau kelenjar minyak mereka sendiri yang akan membuat mereka bulu mereka tidak basah saat berada di air.

Baca juga: Apakah Bebek Punya Gigi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com