Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Penyebab Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak?

Kompas.com - 13/10/2022, 16:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Penyebab gagal ginjal akut pada anak masih misterius. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) hingga saat ini masih menyelidiki penyebab gagal ginjal akut yang dialami 131 anak di Indonesia.

Sebelumnya, disampaikan Ketua Pengurus Pusat IDAI, dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA (K), Acute Kidney Injury (AKI) atau gagal ginjal akut yang ditemukan pada sejumlah anak awalnya diduga berkaitan dengan MIS-C yang terkait dengan infeksi Covid-19.

Namun, setelah dianalisis, sejumlah anak dengan gagal ginjal akut ini tidak didiagnosis positif Covid-19.

Hingga 10 Oktober 2022, dilaporkan di 14 cabang IDAI di seluruh Indonesia, ada 131 anak yang mengalami gagal ginjal akut misterius. Sebagian besar merupakan anak-anak usia balita atau di bawah lima tahun, serta beberapa anak usia belasan tahun.

Penyakit gagal ginjal akut adalah yang jika terjadi pada anak merupakan kondisi kelainan ginjal bawaan.

Namun, dr Piprim, Selasa (11/10/2022) mengatakan bahwa pada 131 anak tersebut, awalnya ginjal mereka berfungsi dengan normal.

Baca juga: Anak dengan Gagal Ginjal Akut Misterius Datang dengan Gejala Tak Bisa Kencing

Untuk mencari penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak ini, Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI, dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengatakan bahwa telah dilakukan berbagai upaya dan metode untuk menyelidikinya.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa anak-anak dengan kondisi gagal ginjal akut itu hanya mengalami gejala batuk dan pilek, diare dan muntah.

Dr Eka menegaskan bahwa gejala tersebut secara teori bukan menjadi tanda dari penyakit gagal ginjal akut, sehingga kasus ini cukup membingungkan dan mengherankan para petugas medis.

Metode mencari penyebab gagal ginjal akut anak

Berdasarkan investigasi yang dilakukan IDAI, hingga saat ini belum ada data yang bisa disimpulkan mengenai penyebab gagal ginjal akut misterius pada anak.

"Kami sudah mencari dengan berbagai panel infeksi, hingga (berbagai) metode pemeriksaan yang sangat detil yang dipakai untuk mencari infeksi dari segala macam virus dan bakteri," ungkap dr Eka.

Namun, upaya yang dilakukan belum menemukan atau menunjukkan apa penyebab gagal ginjal akut misterius yang terjadi pada 131 anak di Indonesia ini.

Baca juga: Waspada Gejala Gagal Ginjal Akut Misterius pada Anak

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com