Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acha Septriasa Hanya Memiliki Satu Ginjal, Dokter Jelaskan Penyebabnya

Kompas.com - 07/04/2022, 15:30 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aktris Acha Septriasa mengakui bahwa ia hanya memiliki satu ginjal saja. Seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (6/4/2022) kondisi itu baru diketahui ketika Acha berusia 18 tahun.

"Aku sebenarnya ginjalnya satu itu dari kecil, tapi baru ditemukannya, USG dan MRI, dan CT scan-nya, baru ditemukan umur aku 18 tahun," kata Acha dalam tayangan YouTube Ngobrol Asix.

Acha Septriasa mengatakan dirinya sering pingsan tanpa tahu penyebabnya. Dia pun menyampaikan keluhannya berupa sakit pada perut bagian kiri.

Pada saat itu, dokter memeriksa perut bagian kirinya, di mana ditemukan ginjal yang membengkak.

Setelah diperiksa, dokter akhirnya menemukan bahwa selama ini Acha hidup dengan satu ginjal saja. Akan tetapi, pemeran film My Heart itu, tidak menyebutkan dengan rinci mengenai kondisi yang dialaminya.

"Dicek dari kiri ke kanan, 'hah kok kosong?' Kosong, enggak ada ternyata. Nah di situ baru akhirnya ketahuan bahwa ya sudah, dinyatakan langsung, ditulis sama dokter bahwa ini anak ternyata memiliki satu ginjal dan itu dari dulu," ujar Acha Septriasa.

Baca juga: Dialami Acha Septriasa, Bagaimana Manusia Bisa Hidup dengan Satu Ginjal?

Penyebab manusia hanya memiliki satu ginjal

Dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Primaya Hospital Bhakti Wara, dr Mauludi Rachmantya Tranggana, Sp.PD, dalam dunia medis kondisi yang menyebabkan seseorang memiliki satu ginjal saja, seperti yang dialami Acha Septriasa, disebut sebagai renal agenesis.

Kondisi itu terjadi ketika ginjal manusia tidak berkembang, yang bisa dialami oleh satu ginjal saja atau keduanya. Menurut dia, renal agenesis biasanya bersifat keturunan dan kerap terjadi sebelum bayi lahir.

Selain karena renal agenesis, dilansir dari laman National Kidney Foundation, Rabu (6/4/2022) ada penyebab lain mengapa seseorang hanya memiliki satu ginjal, antara lain:

  • Orang yang memiliki satu ginjal mungkin telah melakukan operasi pengangkatan ginjal untuk mengobati penyakit seperti kanker.
  • Orang yang hidup dengan satu ginjal mungkin telah mendonorkan ginjalnya kepada orang lain melalui prosedur transplantasi.

"Adapun kondisi medis lain yang harus mengangkat ginjal orang seperti donor ginjal atau kanker pada ginjal, maka ini beda kasusnya," terang Mauludi kepada Kompas.com, Kamis (7/4/2022).

Kondisi Acha Septriasa punya satu ginjal ini diakuinya dalam tayangan YouTube Ngobrol Asix.

Baca juga: Mengapa Manusia Bisa Hidup dengan Satu Ginjal?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com