Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengonsumsi Stroberi untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 13/10/2022, 13:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Selain dikenal dengan rasanya yang segar, stroberi juga diketahui memiliki berbagai manfaat kesehatan dan terbukti mengurangi peradangan, meningkatkan kontrol gula darah, hingga mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Bukan hanya itu, stroberi rupanya juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca juga: Manfaat Stroberi untuk Kulit Berjerawat

Kandungan stroberi membantu menurunkan berat badan

Stroberi kaya kandungan air, sekitar 91% dari beratnya adalah air. Itulah mengapa stroberi rendah kalori.

Satu porsi stroberi segar setara 150 gram, mengandung kurang dari 50 kalori dan 3 gram serat makanan.

Stroberi sangat kaya akan serat larut, serat yang menyerap air dan membentuk konsistensi seperti gel dalam sistem pencernaan Anda.

Melansir Healthline, studi menunjukkan, bahwa serat larut dapat memperlambat laju pengosongan perut dan meningkatkan perasaan kenyang untuk membantu mengatur nafsu makan, yang selanjutnya akan memudahkan menurunkan berat badan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah dapat menurunkan risiko kenaikan berat badan dari waktu ke waktu.

Meskipun stroberi mengandung gula alami, gula tersebut dicerna dan diserap ke dalam aliran darah lebih lambat, karena kandungan serat stroberi.

Oleh karena itu, gula alami yang ditemukan dalam stroberi tidak menyebabkan lonjakan gula darah dan tidak memiliki efek yang sama dengan gula tambahan yang biasa ditemukan dalam makanan seperti soda, permen, dan makanan manis lainnya.

Baca juga: Kandungan Stroberi yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi strawberry.pixabay.com/Engin_Aykurt Ilustrasi strawberry.

Mengonsumsi stroberi untuk menurunkan berat badan

Ada banyak cara mudah untuk memasukkan stroberi ke dalam menu sehari-hari. Anda bisa memakannya langsung sebagai camilan.

Mengganti camilan manis, seperti permen atau kue dengan mengonsumsi stroberi, bukan hanya membantu menurunkan berat badan, tapi juga lebih baik untuk kesehatan.

Cara lainnya, Anda bisa menaburkan stroberi di atas salad, sereal, atau yogurt untuk menambah rasa. Atau Anda bisa mengombinasikannya dengan sayuran, seperti kale atau sawi untuk dibuat jus dan dinikmati sebagai sarapan.

Bagi kebanyakan orang dewasa yang sehat, makan beberapa porsi stroberi per hari tidak akan berbahaya.

Namun, penderita diabetes mungkin perlu memantau kadar gula darah mereka dan menyesuaikan asupan stroberi dan buah-buahan lainnya.

Baca juga: 5 Manfaat Stroberi, Salah Satunya Bantu Tingkatkan Fungsi Otak

Stroberi yang harus dihindari saat menurunkan berat badan

Meskipun stroberi segar baik untuk kesehatan dan bisa membantu menurunkan berat badan, penting untuk diingat bahwa stroberi yang telah diolah cenderung tidak sehat.

Misalnya saja, sirup stroberi, selai stroberi, jeli stroberi, atau kue stroberi sering kali mengandung gula tambahan dalam jumlah tinggi.

Gula yang ditambahkan tidak hanya secara signifikan meningkatkan jumlah total kalori yang Anda makan dan menggagalkan rencana menurunkan berat badan, tetapi juga berkontribusi pada kondisi kesehatan kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan obesitas.

Untuk menghindarinya, mengonsumsi buah stroberi segar adalah pilihan terbaik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com