5 Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan Menurut Sains

Kompas.com - 19/09/2022, 21:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Yoghurt adalah produk susu yang terbuat dari fermentasi bakteri susu.

Bakteri yang digunakan untuk membuat yoghurt memfermentasi laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu.

Proses ini menghasilkan asam laktat, yakni zat yang menyebabkan protein susu mengental, dan memberikan rasa serta tekstur yang unik pada yoghurt.

Yoghurt sangat bergizi dan mengonsumsinya secara teratur dapat meningkatkan beberapa aspek kesehatan.

Manfaat yoghurt untuk kesehatan

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 manfaat yoghurt untuk kesehatan menurut sains.

Baca juga: 5 Makanan yang Mengandung Probiotik, Tidak Hanya Yoghurt

1. Yoghurt meningkatkan metabolisme

Yoghurt mengandung protein dalam jumlah yang mengesankan, yakni sekitar 12 gram protein per 227 gram yoghurt.

Protein terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang dibakar sepanjang hari.

Dalam satu studi tahun 2014, peserta penelitian yang makan yogurt merasa tidak mudah lapar dan mengonsumsi 100 kalori lebih sedikit saat makan malam dibandingkan peserta yang makan camilan rendah protein dengan kalori yang sama.

2. Yoghurt menyehatkan pencernaan

Beberapa jenis yoghurt mengandung bakteri hidup atau probiotik. Ini dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Satu tinjauan sistematis menganalisis beberapa penelitian yang mengamati orang dengan sindrom iritasi usus besar, yang secara teratur mengonsumsi susu fermentasi atau yoghurt yang mengandung Bifidobacteria.