Kompas.com - 01/10/2021, 09:30 WIB

KOMPAS.comProbiotik adalah mikroorganisme hidup yang terkandung dalam beberapa makanan atau suplemen. Probiotik memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Beberapa manfaat probiotik bagi tubuh antara lain menyehatkan saluran pencernaan, membantu menurunkan berat badan, mengatasi alergi, dan memperbaiki fungsi imun.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik mampu meningkatkan kondisi pasien dengan gangguan mental seperti kecemasan, depresi, dan autis.

Makanan yang mengandung probiotik

Untuk mendapatkan manfaat probiotik, maka kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik sebagai berikut:

1. Yoghurt

Yoghurt adalah makanan nomor satu yang terlintas jika kita membahas probiotik. Yoghurt mengandung probiotik baik, salah satunya adalah L. acidophilus. Anda bisa memilih mengonsumsi yoghurt begitu saja atau dengan menambahkan buah potong.

2. Kefir

Tidak hanya yoghurt yang mengandung probiotik, tapi juga makanan lain, salah satunya kefir. Kefir adalah minuman fermentasi seperti yoghurt yang memiliki konsistensi lebih encer.
Berbeda dengan yoghurt yang berasal dari susu sapi, kefir berasal dari minuman yang bukan susu. Contohnya berasal dari air kelapa dan santan.

Baca juga: Ini Perbedaan Probiotik dan Prebiotik

3. Kimchi

Kimchi adalah sayuran fermentasi khas Korea. Biasanya sayuran yang difermentasi adalah sawi dan lobak. Sayuran ini dibuat dengan mencampurkannya dengan garam, cuka, bubuk cabai, dan bawang putih.

Kimchi memiliki rasa yang asam, sedikit pedas, dan segar. Kita bisa mengonsumsinya dengan nasi seperti biasa atau menambahkannya ke dalam telur dadar atau sup.

4. Miso

Miso adalah pasta yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai dan beras coklat. Rasanya asin dan kuat. Miso biasa dicampurkan ke dalam kuah kaldu atau menjadi bumbu marinasi ikan atau daging.

5. Tempe

Tempe adalah makanan yang paling mudah ditemukan di Indonesia. Banyak orang menyukai tempe karena harganya yang murah dan rasanya yang enak. Ternyata tempe juga kaya akan probiotik yang baik untuk tubuh.

Tempe adalah kacang kedelai yang difermentasi dengan konsistensi yang lebih padat dari tahu. Umumnya, tempe digunakan sebagai pengganti daging bagi orang-orang yang membatasi konsumsi daging.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.