Kompas.com - 19/09/2022, 19:31 WIB


KOMPAS.con - Taiwan diguncang gempa bumi berkekuatan M 6,4 pada Sabtu (17/9/2022). Sejarah gempa Taiwan yang merusak, tercatat pernah tewaskan ribuan orang pada tahun 1999.

Pada Minggu (18/9/2022), gempa kuat kembali mengguncang negara ini dengan kekuatan yang lebih besar, yakni bermagnitudo 6,8, dilansir dari Reuters, Senin (19/9/2022).

Gempa bumi ini merusak sejumlah bangunan, dan menyebabkan ratusan orang terjebak di wilayah pegunungan.

Biro cuaca setempat mengatakan bahwa pusat gempa berada di daerah Taitung, dan mengikuti gempa berkekuatan M 6,4 yang terjadi sebelumnya.

Survei Geologi Amerika Serikat mengukur gempa Taiwan pada Minggu (18/9/20) dengan kekuatan M 7,2. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik AS sempat mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa Taiwan mengguncang, namun kemudian peringatan itu dicabut.

Sejarah gempa Taiwan yang merusak

Taiwan adalah negara yang berada di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentang terhadap gempa bumi.

Baca juga: Sejarah Gempa Filipina di Zona Megathrust yang Guncangan hingga Indonesia

Dikutip dari History, tercatat sejarah gempa bumi di Taiwan yang sangat merusak pernah terjadi pada 21 September 1999.

Gempa Taiwan 1999 menewaskan ribuan orang dan kerugian material hingga miliaran dolar. Gempa Taiwan saat itu, juga menyebabkan 100.000 orang kehilangan tempat tinggal.

Bahkan, gempa Taiwan tersebut disebut sebagai gempa bumi terburuk yang pernah melanda negara ini sejak gempa tahun 1935 yang kala itu menewaskan 3.200 orang.

Gempa Taiwan pada 21 September 1999 terjadi di saat orang-orang tengah menunggu Festival Musim Gugur tahunan.

 

Saat itu, gempa berkekuatan M 7,6 berpusat di Taiwan tengah di sepanjang pantai barat dekat Nantou dan Taichung. Namun, kerusakan parah akibat gempa merusak di Taiwan tersebut telah terjadi di hampir seluruh pulau.

Gempa kuat tersebut menyebabkan jalan-jalan melengkung dan tanah longsor, menyebakan pembentukan danau secara mendadak.

Sejarah gempa bumi di Taiwan kala itu dampaknya lebih buruk yakni menyebabkan lima kali gempa susulan berkekuatan M 6 dalam 30 menit setelah gempa besar terjadi.

Baca juga: Sejarah Gempa Bumi Terlama di Sumatera Terkuak dari Terumbu Karang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.