Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampai Kapan Potensi Gelombang Laut Tinggi Bisa Terjadi? Ini Kata BMKG

Kompas.com - 09/07/2022, 10:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa potensi gelombang laut tinggi bisa terjadi sepanjang tahun di sejumlah wilayah di Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, M.T mengatakan, sebelum Anda mengetahui sampai kapan potensi gelombang tinggi terjadi di Indonesia, maka perlu dipahami terlebih dahulu bagaimana gelombang tinggi itu bisa terjadi.

Eko menjelaskan, pembangkit utama gelombang laut adalah kecepatan angin dengan dipengaruhi oleh parameter-parameter lainnya. Di antaranya seperti pola angin, kedalaman laut, topografi dan fenomena pasang surut air laut.

Lalu, secara klimatologisnya, Indonesia akan merasakan dampak 2 musim angin yaitu baratan pada bulan November hingga April, dan timuran pada bulan Mei hingga Oktober.

Pada kedua situasi atau dampak dari dua musim angin tersebut, diketahui masing-masing musim memiliki atau punya karakter kekuatan anginnya.

Baca juga: Hari Ini, Peringatan Dini Gelombang Laut Tinggi Capai 4 Meter hingga Besok

"Area perairan laut yang terbuka seperti perairan barat Sumatera, selatan Jawa hingga Nusa Tenggara akan memperoleh dampak gelombang tinggi sepanjang tahun yaitu rata-rata 2-4 meter," jelasnya kepada Kompas.com, Jumat (8/7/2022).

Hembusan angin itu sendiri, pada umumnya dipicu oleh perbedaan tekanan udara yang terjadi di wilayah tersebut.

Oleh karena itu, kata Eko, masyarakat pesisir harus lebih cermat dalam merencanakan aktivitas di laut dengan mempertimbangkan kondisi cuaca.

“Upaya adaptasi dan mitigasinya harus disiapkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, upaya tersebut juga harus lebih ditingkatkan lagi terutama saat gelombang tinggi yang bisa terjadi bersamaan dengan fase maksimum.

Sebab, pada kondisi gelombang laut tinggi seperti yang dimaksudkan tersebut, dapat menimbulkan genangan di perkampungan pesisir.

Baca juga: Peringatan Dini Gelombang Sangat Tinggi di Laut Natuna Utara Capai 6 Meter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com