Virus Covid Ditemukan dalam Tinja Pasien 7 Bulan Setelah Infeksi, Studi Jelaskan

Kompas.com - 29/04/2022, 07:35 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Studi baru mengungkapkan bahwa telah ditemukan virus Covid dalam tinja pasien yang terinfeksi virus corona. Para ilmuwan memperkirakan sebesar 11-18 persen orang yang dirawat di rumah sakit dengan infeksi Covid-19 mengalami gejala gastrointestinal (GI) seperti mual, muntah, dan diare.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Stanford Medical telah mendeteksi RNA SARS-CoV-2 dalam sampel tinja dari hampir 85 persen orang yang dirawat di rumah sakit dengan penyakit tersebut.

Namun, sejauh ini masih belum diketahui secara pasti pasien Covid-19 bergejala ringan juga melepaskan RNA virus dalam kotorannya atau tidak.

Studi yang dilakukan menganalisis sampel tinja dari 113 orang dengan Covid-19 ringan hingga sedang. Terdeteksi fragmen RNA dari SARS-CoV-2 di kotoran dari sekitar setengah peserta dalam waktu seminggu setelah didiagnosis terpapar corona.

Setelah 4 bulan, peneliti tidak dapat mendeteksi RNA virus dalam usapan oral atau hidung dari subjek mana pun, tapi 12,7 persen dari sampel terus melepaskan RNA virus dalam kotorannya.

Bahkan, 3,8 persen dari semua peserta masih memiliki RNA virus Covid dalam kotorannya selama 7 bulan setelah diagnosis Covid-19.