Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Kadut, Salah Satu Jenis Ular yang Banyak Ditemukan di Permukiman

Kompas.com - 20/03/2022, 19:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu ular yang sering ditemukan di sekitar rumah adalah ular kadut. Walaupun begitu, tenang saja karena ular kadut adalah ular yang tidak berbisa.

Morfologi

Ular kadut adalah ular yang memiliki nama latin Acrochordus granulatus atau Acrochordus javanicus. Ular kadut memiliki dua ciri khas utama, yaitu kulitnya yang tipis dan kasar, serta coraknya yang memiliki bentuk seperti gelang yang bersusun.

Ular ini memiliki badan yang tidak terlalu besar, namun cukup berotot. Ular kadut memiliki panjang sekitar 1,5 meter. Namun, ular betina bisa memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang, bahkan hingga 2,4 meter.

Kulitnya sangat khas karena kulitnya kendur dan bertekstur kasar. Warna ular ini cukup bervariasi. Namun, warna paling umum adalah berwarna coklat keabuan atau abu dengan corak gelang bersusun berwarna kuning muda atau jingga.

Kepalanya agak lebar dengan mata dan lubang hidung terletak di bagian atas kepala. Fitur ini sedikit berbeda dari ular pada umumnya. Letak mata dan lubang hidung yang unik ini merupakan bentuk adaptasi ular ini terhadap habitatnya yang kebanyakan berada di air.

Baca juga: Ular Tanah, Salah Satu Ular Berbisa yang Banyak Masuk Rumah

Habitat dan mangsa

Ular kadut adalah jenis ular yang bisa ditemukan di seluruh wilayah Indonesia dan Asia Tenggara. Selain itu, ular ini juga bisa ditemukan di Australia, China, dan India.

Ular kadut hidup di dekat air. Anda bisa menemukan ular ini di sekitar sungai, sawah, kolam, rawa, estuari, dan juga hutan mangrove. Anda akan jarang menemukan ular ini di daerah yang kering dan jauh dari sumber air.

Jadi, jika rumah Anda berada di dekat sawah atau sungai, berhati-hatilah. Bisa jadi, ular kadut hidup di dekat rumah Anda.

Ular kadut biasa memangsa hewan-hewan kecil yang berada di perairan dangkal yang tenang atau di sekitar sumber air. Contoh makanan ular kadut adalah ikan kecil dan kepiting.

Ular ini memangsa dengan menangkap mangsanya dengan gesit, kemudian melilitnya hingga mati. Kulitnya yang kasar membuat binatang yang sudah terlilit oleh ular kadut semakin sulit kabur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com