Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Black Mamba, Ular Berbisa yang Bisa Membunuh Manusia

Kompas.com - 12/02/2022, 20:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Ular black mamba adalah salah satu ular yang paling berbahaya. Ular ini bisa membuat orang yang terkena bisanya meninggal dalam waktu singkat jika tidak diberikan antibisa.

Morfologi ular black mamba

Black mamba memiliki nama latin Dendroaspis polylepis. Ular ini terkenal dengan ukurannya yang besar, gerakan yang cepat, dan bisa yang mematikan. Ular ini tidak ditemukan di Indonesia, melainkan hidup di sabana dan hutan dataran rendah di Afrika.

Ular black mamba memiliki panjang rata-rata 2,5 meter dengan spesimen terpanjang yang pernah ditemukan mencapai 4,3 meter. Ular berbisa ini memiliki tubuh yang langsing dan membantunya untuk bergerak dengan cepat untuk menyerang mangsanya.

Walaupun namanya black mamba, ternyata ular ini tidak berwarna hitam. Ular ini justru berwarna abu kecokelatan dengan warna yang lebih muda pada bagian bawah tubuhnya.

Asal penamaan hitam berasal dari bagian dalam mulutnya. Ketika ular black mamba merasa terancam, ia akan membuka mulutnya dan menunjukkan mulutnya yang hitam sebagai tanda peringatan.

Perilaku

Black mamba adalah ular yang ditakuti bukan hanya karena bisanya mematikan, namun juga kecepatannya yang bisa menyaingi orang yang berlari. Ular ini mampu bergerak dengan kecepatan hingga 19 kilometer per jam.

Dilansir dari National Geographic, kecepatan tersebut tidak digunakan untuk berburu mangsa, melainkan untuk kabur dari ancaman.

Ular black mamba aktif mencari mangsa pada siang hari dan akan kembali ke sarangnya pada malam hari untuk beristirahat. Umumnya, ular ini tinggal di batang pohon yang berlubang, sela-sela batu, dan lubang tanah.

Baca juga: Ular Tanah, Salah Satu Ular Berbisa yang Banyak Masuk Rumah

Mangsa

Mangsa black mamba adalah mamalia kecil dan burung. Para ahli pernah menemukan spesimen blackm mamba dengan burung dan ular kobra utuh di dalam perutnya.

Cara black mamba membunuh mangsanya adalah dengan menggigit mangsanya dan memasukkan bisa ke dalam tubuhnya. Kemudian, ular ini akan melepaskan mangsanya.

Namun, ular ini akan mengikuti sampai mangsanya tidak bisa bergerak dan mati akibat bisanya. Barulah black mamba menyantap mangsanya.

Bisa ini mampu membunuh manusia dengan tingkat kematian hingga 100 persen jika korban tidak mendapatkan antibisa. Bisa black mamba bersifat neurotoksin yang mengganggu sistem saraf dan membuat semua organ berhenti bekerja. Kematian bisa menyerang korban dalam waktu 30 menit sampai 3 jam setelah terkena gigitan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com