Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Organisme Autotrof dan Heterotrof sebagai Komponen Biotik

Kompas.com - 30/09/2021, 18:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Komponen biotik merupakan komponen penting dalam suatu ekosistem. Tiap-tiap komponen biotik memiliki fungsinya masing-masing. Salah satunya adalah organisme autotrof. Tahukah kamu apa yang dimaksud autotrof?

Komponen biotik

Komponen biotik adalah kumpulan atau komunitas dari makhluk hidup yang mendiami suatu wilayah bersama-sama dan terikat satu sama lain di dalam lingkungannya.

Secara umum, fungsi organisme dalam suatu komunitas dibagi menjadi empat, yaitu autotrof, heterotrof, pengurai, dan detritivor.

Baca juga: Habitat Makhluk Hidup dan Komponennya

Autotrof

Autotrof adalah organisme yang mampu menghasilkan makanan (energi) sendiri. Proses yang dilakukan adalah melalui fotosintesis dan kemosintesis.

Contoh organisme autotrof adalah tumbuhan hijau, beberapa jenis bakteri, lumut, dan ganggang biru.

Tumbuhan hijau disebut organisme autotrof karena memiliki klorofil. Ini membuat tumbuhan hijau bisa membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis.

Sedangkan bakteri memproduksi makanannya melalui proses kemosintesis. Namun, produk yang dihasilkan dari proses kemosintesis tidak terlalu besar dibandingkan dengan fotosintesis pada hewan.

Heterotrof

Heterotrof adalah organisme yang menggunakan bahan organik yang telah dihasilkan oleh organisme autotrof. Organisme tidak mampu memproduksi makanannya sendiri. Oleh karena itu, organisme heterotrof disebut juga dengan konsumen.

Contoh organisme yang termasuk ke dalam organisme heterotrof adalah hewan dan manusia. Organisme ini akan menggantungkan hidup pada organisme autotrof atau organisme heterotrof lainnya.

Hal ini menunjukkan hubungan rantai makanan pada komponen biotik di dalam suatu komunitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com