Kompas.com - 30/09/2021, 13:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Serangga atau Insecta merupakan salah satu anggota filum Arthtropoda dengan spesies yang sangat beragam.

Serangga disebut hexapoda karena kelompok ini memiliki ciri khusus, yakni memiliki kaki yang berjumlah enam.

Beberapa contoh serangga sering ditemukan di lingkungan sekitar adalah belalang, semut, jangkrik, kupu-kupu, nyamuk, lalat, dan lain-lain.

Serangga dapat memakan sisa organisme lain, madu dari bunga, dan ada pula yang hidup sebagai parasit dalam tubuh hewan, tumbuhan, bahkan manusia.

Struktur tubuh serangga

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tubuh serangga terbagi menjadi tiga bagian, yakni kepala (kaput), dada (toraks), dan perut (abdomen).

Baca juga: Pikat Serangga, Bunga Semprotkan Aroma Wangi Saat Lebah Mendekat

Bagian dada serangga terdiri dari tiga segmen, sedangkan bagian perut terdiri dari sekitar 11 segmen yang segmen terakhirnya berubah menjadi alat genital.

Pada kepala serangga, terdapat antena yang mengandung alat penciuman yang memiliki kemoreseptor.

Kemudian, serangga memiliki tiga pasang mulut yang terdiri dari sepasang mandibula, tiga pasang maksila, dan bibir atas (labrum) serta bibir bawah (labium).

Pada bagian kepala, serangga juga memiliki organ perasa (palpus), sepasang mata facet, dan mata oselus.

Alat pernapasan pada serangga adalah trakea. Pada setiap segmen tubuh serangga terdapat lubang trakea yang disebut spirakel.

Baca juga: Metamorfosis pada Serangga

Alat sekresi pada serangga berupa pembuluh malphigi. Serangga memiliki peredaran darah yang terbuka. Darah serangga tidak mengandung hemoglobin, namun mereka mempunyai hemosianin sehingga darahnya berwarna kuning kebiruan.

Serangga juga mempunyai jantung pembuluh serta anterior aorta. Jantung pembuluh serangga terdiri dari lima ruas yang dilengkapi dengan lubang yang disebut ostia.

Sementara itu, untuk berkembang biak, serangga mempunyai alat reproduksi yang terpisah antara jantan dan betina. Fertilisasi serangga dilakukan secara internal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.