Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dampak Psikologis Pamer Harta di Media Sosial bagi Masyarakat

Kompas.com - 10/08/2021, 17:31 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Unggahan pamer harta hingga review saldo ATM maupun tabungan semakin ramai dan marak di media sosial. Fenomena ini pun juga turut memberi dampak, salah satunya dampak psikologis sosial di masyarakat.

Masih baru dan ramai diperbincangkan yakni challenge Review Saldo ATM.

"Ganteng, Review Saldonya dong," kata-kata yang diucapkan di video yang banyak beredar di berbagai situs jejaring sosial.

Bahkan, sejumlah anak muda yang mengikuti challenge pamer saldo ATM itu pun menunjukkan sisa saldo ATM mereka dengan nilai hingga miliaran rupiah.

Seperti diberitakan Kompas.com, Senin (9/8/2021), unggahan-unggahan terkait review saldo ATM tersebut pun viral kembali di media sosial, tak hanya di TikTok, tetapi juga di Instagram hingga Twitter.

Baca juga: Sains Talk: Membedah Dampak Psikologis The World of the Married

 

Psikolog Sosial asal Solo, Hening Widyastuti mengatakan bahwa artis maupun orang-orang yang pamer harta, adalah fenomena yang miris dan memprihatinkan yang dapat memberi dampak psikologis bagi masyarakat.

"(Mereka) kurang peka dengan situasi sosial yang pasti egonya lebih dikedepankan dibandingkan masalah sosial yang sangat memprihatinkan di sekitarnya," kata Hening.

Terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, yang mana dampaknya tidak hanya memberikan pukul berat bagi sistem kesehatan, tetapi juga sosial ekonomi di masyarakat.

Perekonomian dan kesejahteraan di Indonesia pun belum merata.

Hening mengatakan bahwa kesenjangan ekonomi yang tinggi masih saja memicu berbagai permasalahan sosial antara si kaya dan si miskin, sehingga fenomena pamer harta yang ramai saat ini, bisa dapat memicu dampak psikologis di masyarakat.

Baca juga: 5 Fakta Masalah Psikologis Masyarakat Indonesia Selama Pandemi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com