Bahaya Mikroplastik dalam Tiram, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Kompas.com - 01/08/2021, 13:03 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Sebuah studi menghasilkan kekhawatiran terhadap mikroplastik yang berpotensi membawa bakteri berbahaya seperti Escherichia coli atau E.coli ke dalam rantai makanan melalui tiram. Bahaya mikroplastik dalam tiram bisa berdampak pada kesehatan.

Meskipun penelitian ini dilakukan pada tiram di bawah kondisi laboratorium, namun ilmuwan meyakini hal tersebut juga bisa ditemukan pada makhluk laut lain yang juga menyaring air laut sebagai makanan.

Ditemukan bahwa tiram mengandung 10 kali lebih banyak mikroplastik dengan lapisan  biofilm dibandingkan dengan mikroplastik murni. Hal ini dikarenakan mikroplastik dengan lapisan biofilm terlihat lebih seperti makanan bagi mereka.

Dilansir dari Live Science, Jumat (30/7/2021), biofilm merupakan kumpulan dari mikroorganisme - baik sejenis maupun beda jenis - yang tumbuh di berbagai permukaan. Biofilm bisa berbentuk bakteri dan jamur.

"Tidak pasti seberapa besar pengaruhnya terhadap rantai makanan, tetapi kemungkinannya adalah karena makhluk-makhluk tersebut menelan lebih banyak plastik dan berpotensi menyebabkan organisme penyebab penyakit," kata Dr Joanne Preston, Pembaca Ekologi dan Evolusi Kelautan di Universitas Portsmouth, Inggris, dikutip dari Science Daily, Jumat (30/7/2021).