Kompas.com - 31/07/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi anjing pemburu Eurasia sedang mengejar mangsa 


newscientistIlustrasi anjing pemburu Eurasia sedang mengejar mangsa

KOMPAS.com - Peneliti menemukan bukti bahwa manusia paling awal yang tinggal di luar Afrika, berbagi lingkungan dengan anjing pemburu.

Temuan tersebut disimpulkan setelah peneliti melakukan penggalian di sebuah situs dekat Dmanisi di Georgia.

Di tempat itu mereka menemukan keberadaan kerangka manusia purba sekitar 1,8 juta tahun lalu. Selain itu, tim juga menemukan sisa-sisa tulang anjing pemburu.

Temuan sisa tulang anjing pemburu itu merupakan bukti paling awal yang ditemukan di Eropa.

Peneliti mengatakan, anjing pemburu itu masuk dalam spesies Canis (Xenocyon) lycaonoides atau disebut juga dengan anjing pemburu Eurasia.

Baca juga: Makanan Manusia Purba Terungkap di Situs Purba Maros

Temuan ini pun menimbulkan pertanyaan tentang potensi interaksi antara kedua mahluk tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengutip New Scientist, Jumat (30/7/2021) peneliti menyebut saat manusia purba bermigrasi dari Afrika, mereka bertemu dengan anjing pemburu ini.

Anjing pemburu liar itu diyakini berasal dari Asia, menyebar ke dan melintasi Eropa dan Afrika antara sekitar 1,8 dan 8 juta tahun yang lalu. Sehingga menemukannya berada di Dmanisi menjadi hal menarik.

Dilansir dari Gizmodo, hasil analisis tulang menunjukkan jika anjing pemburu memiliki berat sekitar 30 kg atau seukuran serigala abu-abu modern. Gigi besar dan tajamnya kemungkinan digunakan untuk merobek daging.

Kemungkinan besar anjing juga memiliki kaki memanjang yang cocok untuk melacak mangsa. Selain itu mempunyai anatomi untuk lari jarak jauh yang melebihi pada spesies anjing lain

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.