Mikroplastik Ditemukan di Dekat Puncak Gunung Everest

Kompas.com - 22/11/2020, 09:15 WIB
Pemandangan Gunung Everest dan pegunungan Himalaya. Jewel Samad/AFPPemandangan Gunung Everest dan pegunungan Himalaya.

KOMPAS.com - Peneliti berhasil menemukan bukti keberadaan mikroplastik di Gunung Everest, usai menganalisis sampel salju dan aliran yang didapat dari National Geographic and Rolex Perpetual Planet Everest Expedition.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal One Earth ini memaparkan jika konsentrasi mikroplastik tertinggi berada di sekitar base camp tempat para pendaki beristirahat.

Baca juga: Peneliti Sebut Bayi Berpotensi Konsumsi Jutaan Mikroplastik dari Botol Susu

Tak hanya itu, tim peneliti juga mengungkap keberadaan mikroplastik di ketinggian 8440 meter di atas permukaan laut, tepat di bawah puncak Gunung Everest.

"Gunung Everest telah menjadi tempat sampah tertinggi di dunia," papar Imogen Napper, Penjelajah National Geographic dan ilmuwan yang berbasis di University of Plymouth.

Lebih lanjut ia menyebut kalau mikroplastik di gunung belum pernah dipelajari sebelumnya. Tetapi pada umumnya, lebih sulit dibersihkan daripada puing-puing yang lebih besar.

Mikroplastik merupakan partikel kecil plastik yang berasal dari penguraian sampah yang lebih besar secara perlahan.

Mikroplastik menimbulkan ancaman ekologi yang sangat besar, karena mudah dikonsumsi oleh hewan dan ukurannya sangat kecil, sehingga sulit dibersihkan.

Mikroplastik biasa ditemukan di lautan, tetapi tidak dipelajari dengan cermat di darat, terutama di puncak gunung yang terpencil.

"Saya benar-benar terkejut menemukan mikroplastik di setiap sampel salju yang saya analisis. Gunung Everest adalah tempat yang selalu saya anggap terpencil dan murni. Dan kita telah mencemari gunung tertinggi ini," kata Napper.

Baca juga: Gunung Mana yang Tertinggi Sedunia, Everest atau Mauna Kea?

Halaman:


Sumber PHYSORG
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X