Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masuk Musim Kemarau, Waspada Sebagian Daerah Masih Hujan dan Cuaca Ekstrem

Kompas.com - 11/06/2021, 17:29 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Indonesia telah memasuki musim kemarau, untuk beberapa wilayah seperti Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Namun, sebagian wilayah di Indonesia masih mengalami hujan.

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang disampaikan Deputi Bidang Meteorologi dikutip dari laman resminya, Jumat (11/6/2021), angin timuran yang mendominasi menunjukkan bahwa saat ini, Indonesia sudah memasuki musim kemarau.

Dalam sepekan ke depan, BMKG memprakirakan angin timuran masih akan sangat dominan sebagai akibat dari monsun Australia yang juga masih signifikan hingga sepekan ke depan.

"Hal ini menyebabkan potensi pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia, khususnya di bagian selatan, sangat rendah," tulis BMKG.

Selain itu, akhirvitas gelombang atmosfer diprakirakan secara umum masih aktif di wilayah utara Indonesia, yang akan terjadi selama akhir pekan ini.

Baca juga: September Kemarau tapi Masih Berpotensi Hujan, Begini Analisis BMKG

 

Di antaranya gelombang Kelvin di sekitar wilayah Kalimantan dan gelombang Rossby di sekitar Maluku diikuti OLR yang signifikan, sehingga menyebabkan masih adanya potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah berikut, kendati beberapa wilayah lain di Indonesia telah mengalami musim kemarau.

  • Kalimantan
  • Sulawesi bagian tengah
  • Maluku
  • Papua
  • Papua Barat

Sementara sirkulas Siklonik terpantau di Samudera Pasifik di bagian utara Papua dan Samudera Hindia bagian barat Sumatera.

Wilayah berpotensi hujan

Beberapa wilayah di Indonesia telah masuk musim kemarau, namun lebih lanjut BMKG menjelaskan bahwa dari pola pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, menunjukkan adanya kecenderungan peningkatan pertumbuhan awan hujan di pesisir barat Sumatera.

Baca juga: Agustus dan September, Ini Wilayah Indonesia Memasuki Puncak Musim Kemarau

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com