Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Castor Oil, Redakan Reumatik hingga Hilangkan Ketombe

Kompas.com - 11/06/2021, 14:06 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.comCastor oil adalah minyak yang diambil dari pohon jarak dan bisa pula disebut minyak jarak. Minyak ini memiliki konsistensi yang sangat kental, bening, dan tidak berbau.

Dahulu, masyarakat Yunani sering menggunakan minyak ini sebagai bahan bakar untuk menyalakan lampu minyak, mengobati sakit mata, serta menginduksi proses melahirkan.

Namun ternyata castor oil memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya untuk kecantikan. Bahkan, Cleopatra disebut percaya minyak ini bisa membuat matanya lebih putih dan jernih.

Dilansir dari Health Line, berikut daftar manfaat castor oil untuk tubuh manusia.

Baca juga: 7 Manfaat Cengkeh, Obat Sakit Gigi Hingga Mengobati Kanker

Obat laksatif

Salah satu manfaat minyak jarak sebagai obat adalah obat laksatif. Castor oil bekerja dengan menstimulasi gerakan otot pencernaan untuk membersihkan usus. Minyak ini umum digunakan untuk mengatasi konstipasi.

Ketika dikonsumsi melalui mulut, castor oil akan dicerna di usus halus dan melepaskan asam lemak yang bernama asam risinoleat. Ketika terserap, ini akan menimbulkan efek laksatif yang cukup kuat.

Sebuah studi yang melibatkan orang tua, mengonsumsi castor oil bisa menurunkan kejadian konstipasi. Minyak ini aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang kecil. Mengonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan keram perut, mual, diare, dan muntah.

Karena efek samping yang bisa ditimbulkan, minyak ini tidak boleh dikonsumsi dalam waktu yang lama untuk mencegah konstipasi. Anda bisa menggunakan cara lain, seperti mengatur pola makan tinggi serat.

Pelembab alami

Castor oil kaya akan asam risinoleat yang berfungsi sebagai humektan. Minyak ini bisa digunakan untuk melembabkan kulit dan mencegah hilangnya air dari lapisan luat kulit.

Minyak ini sudah banyak terkandung di dalam berbagai produk kecantikan yang dijual bebas yang fokus untuk memberikan hidrasi pada kulit. Minyak ini terkandung pada beberapa produk pelembab wajah, make up, dan pembersih.

Konsistensi minyak ini sangat kental sehingga Anda mungkin tidak nyaman menggunakannya. Gunakan minyak jarak ini dengan mencampurnya dengan minyak yang lebih ringan seperti minyak almond atau minyak kelapa.

Anda juga bisa menggunakannya dengan mencampur beberapa tetes ke dalam pelembab harian Anda untuk mendapatkan kelembaban yang lebih.

Mempercepat penyembuhan luka

Mengoleskan castor oil akan mencegah luka untuk mengering. Minyak ini akan membentuk pertahanan atau barrier yang bisa mencegah luka dari infeksi sekunder akibat terpaparnya luka terhadap udara dan permukaan lain.

Antiradang yang baik

Studi menunjukkan bahwa mengoleskan castor oil efektif meredakan inflamasi dan meredakan nyeri. Contoh penyakit inflamasi yang telah dicoba dalam studi ini adalah reumatik.

Selain kemampuan antiinflamasi, ternyata castor oil juga memiliki efek antibakteri dan terbukti bisa mengobati jerawat.

Baca juga: 7 Manfaat Kapulaga, Bisa Cegah Anemia dan Atasi Perut Kembung

Menghilangkan ketombe

Manfaat castor oil lainnya adalah bisa menghilangkan ketombe. Mengoleskan minyak jarak pada kulit kepala sangat bagus untuk menghilangkan ketombe atau kondisi kulit kepala gatal akibat penyakit inflamasi lainnya.

Sebagai bonus, Anda bisa mendapatkan rambut yang halus dan lembut karena minyak ini terbukti bisa menjadi kondisioner alami.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com