Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kali Harus Cuci Muka dalam Sehari? Ini Idealnya Kata Ahli

Kompas.com - 10/05/2021, 07:02 WIB
Dea Syifa Ananda,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita sudah terbiasa mencuci tangan berkali-kali dalam sehari untuk menghilangkan kotoran yang ada di tangan. Namun, bagaimana dengan cuci muka?

Di satu sisi, kita ingin membersihkan semua kotoran yang menumpuk di pipi, dagu, dan dahi sepanjang hari. Namun yang dikhawatirkan jika mencuci muka secara berlebihan dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Menurut Debra Jaliman seorang Asisten Profesor Dermatologi di Icahn School of Medicine New York, secara ideal Anda harus mencuci muka dua kali sehari.

Para ahli sepakat tentang hal ini dan menyarankan untuk cuci muka pada pagi dan malam hari.

Ini dikarenakan bakteri menumpuk di kulit saat kita tidur di malam hari, jadi kita perlu mencucinya di pagi hari.

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Cuci Muka dengan Air Dingin atau Air Hangat?

Mona Gohara seorang Profesor Klinis di Bidang Dermatologi di Yale School of Medicine, setuju bahwa mandi pagi itu penting.

"Tidak hanya untuk membuat Anda terbangun, tetapi juga untuk memberi kesan prima pada wajah Anda untuk rutinitas perawatan kulit di pagi hari," ungkap Gohara.

Pada malam hari, tentu saja kita ingin membersihkan sisa riasan, minyak, kotoran, dan polutan lingkungan lainnya yang mungkin telah mendarat di wajah selama menjalani aktivitas harian agar pori-pori tidak tersumbat.

Lebih lanjut Gohara mengatakan, jika terpaksa hanya bisa cuci muka satu kali saja, sebaiknya pilih basuh muka di malam hari.

Dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (21/5/2020) bagian atas epidermis meregenerasi dirinya sendiri dalam semalam dan kita tidak ingin menghalangi proses pelepasan tersebut dengan menyumbat pori-pori dengan riasan, kotoran, dan minyak.

Gohara juga menunjukkan bahwa mencuci muka di malam hari adalah bagian yang menenangkan dari rutinitas waktu tidur yang dapat membantu Anda lebih mudah tertidur.

Ia juga merekomendasikan mencuci muka dengan durasi 20 detik saja dengan menggunakan tangan atau kain yang lembut dan tidak kasar.

"Jangan pernah menggunakan apapun yang terlalu kasar atau kasar pada wajah Anda," katanya

Gunakanlah air dingin atau air hangat untuk membasuh muka. Hidari air panas karenadapat mengikis minyak dari kulit dan membuatnya terasa lebih kering.

Mulailah memijat wajah degan pembersih di bagian atas wajah Anda, kemudian dengan lembut lanjutkan ke dagu Anda, lakukan hingga dua putaran.

Baca juga: Penemuan Filler untuk Rekonstruksi Wajah sampai Kecantikan

Kemudian gunakan handuk lembut untuk mengeringkan dengan lembut dan pastikanjangan sampai menggosok terlalu kasar.

Untuk hasil yang lebih maksimal, bersihkan  denwajahgan micellar water dan kemudian oleskan pelembap pada wajah.

Namun, ada sebuah situasi yang membolehkan Anda untuk mencuci muka lebih dari satu kali. Yaitu jika Anda berolahraga dan wajah Anda berkeringat.

Anda dapat mencucu muka atau bisa juga menyimpan beberapa tisu pembersih di tas olahraga Anda untuk menghilangkan kotoran sebelum Anda melakukan rutinitas cuci muka secara penuh sebelum tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com