Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Pandemi di Indonesia, Apa Saja Penanganan Covid-19 yang Harus Dibenahi?

Kompas.com - 02/03/2021, 12:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Setahun sudah pandemi Covid-19 membayangi dunia, tak terkecuali Indonesia. Virus corona telah menginfeksi jutaan orang, para ilmuwan menilai banyak hal yang harus dibenahi bangsa ini dalam menyikapi pandemi ini.

Virus corona, SARS-CoV-2 yang kali pertama muncul di akhir tahun 2019 di kota Wuhan, China, terus menyebar ke penjuru dunia sepanjang tahun 2020.

Wabah ini telah menghantui miliaran orang di planet ini, dengan terus meningkatnya angka infeksi dan kematian akibat penyakit yang kemudian disebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai Covid-19.

Penyakit yang menyerang organ pernapasan, membuat lebih dari 114 juta orang, data Worldometer per Selasa (2/3/2021), terinfeksi virus ini.

Covid-19 adalah pandemi baru yang bermula dari infeksi virus corona dari kerabat dekat virus SARS yang mewabah beberapa tahun silam di China. Hanya dalam waktu sebulan, virus corona terus menyebar ke seluruh dunia.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Akan Jadi Endemik, Apa Bedanya dengan Pandemik?

 

Kasus pertama Covid-19 di Indonesia diumumkan Maret 2020, setahun lalu, dan sejak itu penularan virus SARS-CoV-2 semakin masif. Kini, tercatat lebih dari 1,3 juta orang di negeri ini terinfeksi penyakit tersebut.

Berpatokan pada sains

Setahun sudah Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 yang telah memberi mimpi buruk bagi masyarakat bangsa ini.

Lantas, menyikapi pandemi Covid-19 ini apa yang perlu dibenahi oleh Indonesia?

Ilham Akhsanu Ridlo, ilmuwan pemula dari Universitas Airlangga, Surabaya mengatakan ada beberapa kondisi yang harus dibenahi selama satu tahun ini.

Baca juga: ASI Eksklusif di Indonesia Meningkat Tajam Selama Pandemi Covid-19

 

Di antaranya memperbaiki kepemimpinan nasional terkait bagaimana menjadikan sains dengan dukungan data-driven policy.

"Artinya, keputusan-keputusan yang diambil oleh pemimpin terkait pandemi harus didasari oleh data yang lebih terbuka dan berpatokan pada sains yang benar," kata Ilham kepada Kompas.com, Selasa (2/3/2021).

Ilham mengingatkan bahwa pemerintah harus dapat memanfaatkan momen setahun pandemi Covid-19 ini untuk melakukan evaluasi besar terkait beberapa kebijakan.

Setahun berlalu dan sampai saat ini, secara faktual basis data masih tidak efektif dalam menekan dan menghentikan transmisi penularan Covid-19 di Indonesia. Oleh sebab itu, data Covid-19 perlu dibenahi untuk menyikapi pandemi di tahun kedua ini.

Baca juga: 9 Bulan Pandemi Covid-19, Apa yang Salah dengan Penanganan di Indonesia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com