Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2021, 06:57 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kabar tentang Covid-19 yang diprediksi akan menjadi endemik masih menjadi berita populer Sains.

Saat Covid-19 endemik, artinya kita harus hidup berdampingan dengan virus corona SARS-CoV-2 selama beberapa tahun atau puluhan tahun.

Kendati jadi endemik, dampak risiko dari Covid-19 seperti angka kesakitan, kematian, dan lockdown akan menurun seiring waktu.

Nah, apa yang akan jika Covid-19 menjadi endemik juga dibahas tuntas oleh ahlinya.

Berita populer lainnya adalah fenomena langit Maret 2021 yang akan menghiasi angkasa Indonesia hingga dampak Covid-19 klaster perkantoran pada keluarga.

Baca juga: [POPULER SAINS] WHO: Covid-19 Bakal Jadi Endemik | Sukses Turunkan BB

Berikut ulasan berita populer Sains edisi Senin (1/3/2021).

1. Apa artinya jika Covid-19 endemik?

Peneliti mengatakan, masa depan akan sangat bergantung pada jenis kekebalan yang diperoleh orang melalui infeksi atau vaksinasi dan bagaimana virus berevolusi.

Jika Covid-19 jadi endemik, ini akan seperti influenza dan empat penyakit yang disebabkan virus corona lainnya yang juga endemik.

Data menunjukkan, kombinasi vaksin tahunan dan kekebalan yang didapat dari infeksi penyakit membantu manusia menoleransi kematian dan penyakit musiman tanpa memerlukan lockdown, masker, dan jaga jarak.

Selain itu ahli mengatakan bahwa 5 tahun dari sekarang, ketika orangtua mengetahui anak mereka mengalami pilek dan demam, pandemi Covid-19 mungkin tampak seperti kenangan.

Tak ada lagi ketakutan seperti sekarang.
Ini adalah salah satu skenario yang diramalkan oleh para ilmuwan untuk SARS-CoV-2.

Virus tetap ada, tetapi begitu orang mengembangkan kekebalan terhadapnya - baik melalui infeksi alami maupun vaksinasi - mereka tidak akan terinfeksi dengan gejala yang parah.

"Virus itu akan menjadi musuh yang pertama kali ditemui pada masa kanak-kanak, ketika biasanya menyebabkan infeksi ringan atau tidak sama sekali," kata Jennie Lavine, peneliti penyakit menular di Emory University di Atlanta, Georgia, dilansir Nature.

Para ilmuwan menganggap hal ini mungkin terjadi karena empat virus corona endemik yang ada di dunia, yaitu OC43, 229E, NL63, dan HKU1, memiliki perilaku seperti itu.

Baca selengkapnya prediksi ahli di sini:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com