Kompas.com - 01/03/2021, 18:28 WIB


KOMPAS.com- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa Covid-19 yang kini berstatus pandemik atau pandemi kelak akan menjadi endemik.

Sejak muncul kali pertama di China, Covid-19 yang berawal dari virus corona dari keluarga SARS telah menjelma menjadi pandemi setelah menyebar dengan cepat dan menginfeksi jutaan orang di dunia.

Seperti diberitakan Kompas.com, Minggu (28/2/2021), akhir tahun 2020 lalu, pakar WHO mengatakan bahwa pandemi Covid-19 ini, bisa menjadi endemik.

Meskipun pandemi virus corona yang dihadapi dunia saat ini sangat parah, namun fenomena ini belum tentu besar.

Oleh sebab itu, WHO mengingatkan agar masyarakat dunia dapat belajar hidup berdampingan dengan Covid-19.

Baca juga: Covid-19 Diprediksi Bakal Jadi Endemik, Apa Artinya untuk Kita?

 

"Virus (corona) ditakdirkan akan menjadi endemik. Bahkan, saat vaksin mulai diluncurkan," kata Profesor David Heymann, ketua kelompok penasihat strategis dan teknis WHO untuk bahaya infeksi.

Lantas, apa itu endemik dan apa bedanya dengan pandemik?

Memahami istilah epidemiologis antara endemik, pandemi dan wabah bisa membingungkan.

1. Endemik

Dikutip dari Medical Xpress, Senin (1/3/2020), dokter spesialis penyakit menular Mayo Clinic Dr Pritish Tosh memberikan beberapa wawasan tentang istilah-istilah tersebut.

WHO menyebut bahwa pandemi Covid-19 di masa yang akan datang dapat menjadi endemik, kendati saat ini masih berstatus pandemi.

Baca juga: Covid-19 Diprediksi Jadi Endemik, Ini Maksudnya dan Tanggapan Ilmuwan

 

Menurut Dr Tosh, istilah epidemik digunakan saat ada infeksi, dalam suatu lokasi secara geografis infeksi ini ada selamanya.

"Ketika kita berbicara endemik, kita berbicara tentang virus, bakteri, dan patogen yang ada di dalam suatu lokasi geografis," kata Dr Tosh.

Melansir dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, jumlah penyakit tertentu yang biasanya muncul dalam suatu komunitas disebut sebagai tingkat endemik dari penyakit itu.

Pandemi Covid-19 disebut akan menjadi endemik, yakni mengacu pada keberadaan virus, bakteri atau patogen secara konstan dan atau prevalensi yang biasa dari suatu penyakit dalam suatu populasi dalam suatu wilayah.

Baca juga: WHO Peringatkan, Pandemi Covid-19 Kemungkinan Besar Bakal Jadi Endemik

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.