Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resolusi 2021, Ini 4 Tips Olahraga Menurunkan Berat Badan bagi Pemula

Kompas.com - 07/01/2021, 07:00 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Resolusi yang biasanya paling banyak ingin dicapai orang adalah target menurunkan berat badan. Hal ini bisa diwujudkan asal menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat, pola makan benar, dan olahraga.

Nah, bagi Anda yang masih pemula dalam berolahraga, sangat penting untuk selektif dalam memilih olahraga yang sesui.

Hal ini disampaikan oleh dr Michael Triangto SpKO, Sports Medicine Spesialist dari Slim + Health Sports Therapy.

Baca juga: Diet Terbaik Menurunkan Berat Badan, Weight Watcher dan Flexitarian

Kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021), Michael memberikan 4 tips sehat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan di tahun 2021, yakni:

1. Lakukan olahraga dengan tujuan sehat

Ada berbagai alasan yang membuat orang ingin menurunkan berat badannya. Misalnya, ingin terlihat langsing, memiliki bentuk tubuh yang indah, menghilangkan lemak di bagian tubuh tertentu, atau meningkatkan kepercayaan diri.

Namun, Michael menegaskan, tujuan yang jauh lebih penting dari itu semua adalah untuk sehat. Itu sebenarnya tujuan utama olahraga yang harus ditanamkan dalam diri terlebih dahulu.

Jika tujuan utamanya ingin sehat, biasanya program olahraga untuk menurunkan berat badan akan lebih konsisten dilakukan dan dapat bertahan lama.

"Jadi olahraganya harus terprogram, terukur, teratur, dan berkesinambugan," kata Michael.

2. Olahraga intensitas ringan-sedang

Selanjutnya, bagi para pemula - dengan kata lain bagi yang memang jarang melakukan olahraga - mulailah dengan melakukan olahraga intensitas ringan hingga sedang. 

Michael berkata, olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang sangat baik dalam menunjang kesehatan setiap individu dan juga membakar lemak-lemak tubuh.

Seperti diketahui, lemak adalah salah satu kelompok golongan lipid yang bersifat sukar larut dalam air, di mana penumpukan lemak inilah  yang menjadikan seseorang memiliki bobot badan berlebih bahkan obesitas.

"Tidak boleh (olahraga) berintensitas berat. (Intensitas olahraga) ringan hingga sedang saja, Hal itu sesuai denggan tujuan membakar lemak," ucap dia.

Averyl Baline Mattahati (13), saat berlatih secara daring melalui aplikasi di rumahnya di Lengkong Gudang Timur, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Jumat (26/5/2020). Di tengah Pandemi Covid-19, atlet Averyl Baline Mattahati yang tergabung dengan Gavrila Gymnastics Club Jakarta tetap berlatih secara daring untuk menjaga kebugaran tubuh.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Averyl Baline Mattahati (13), saat berlatih secara daring melalui aplikasi di rumahnya di Lengkong Gudang Timur, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, Jumat (26/5/2020). Di tengah Pandemi Covid-19, atlet Averyl Baline Mattahati yang tergabung dengan Gavrila Gymnastics Club Jakarta tetap berlatih secara daring untuk menjaga kebugaran tubuh.

Olahraga dengan kategori ringan hingga sedang ini juga berbeda pada setiap individu, bisa seperti berjalan, jogging (lari-lari kecil), bersepeda, sepeda statis, aerobik dan lain sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com