Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diet Gluten Free Membantu Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

Kompas.com - 03/01/2021, 10:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis


KOMPAS.com - Salah satu cara menurunkan berat badan yang sedang tren saat ini adalah dengan menerapkan pola makan gluten free atau bebas gluten.

Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum, gandum hitam, barley, dan makanan olahan yang tak terhitung jumlahnya termasuk pasta, roti, dan sereal.

Awalnya, pola makan gluten free ditujukan untuk orang-orang dengan penyakit celiac, yaitu kelainan autoimun yang terjadi ketika respons kekebalan tubuh terhadap gluten merusak lapisan usus kecil.

Baca juga: 3 Kehebatan Sagu Dibanding Nasi, dari Bebas Gluten hingga GI Rendah

Ini dapat menyebabkan sakit perut, kembung, mual, diare, dan penurunan berat badan. Beberapa gejala penyakit celiac lainnya termasuk dermatitis herpetiformis (ruam kulit yang gatal dan nyeri), anemia, kehilangan kepadatan tulang, sakit kepala, kelelahan, dan nyeri sendi.

Lalu, benarkah pola makan bebas gluten dapat membantu menurunkan berat badan?

Menurut ahli diet terdaftar Mia DiGeronimo, tidak ada bukti yang menunjukkan, bahwa menghilangkan gluten dari asupan harian akan menurunkan berat badan.

Tetapi, jika Anda mengonsumsi makanan bebas gluten, Anda dapat membuat pilihan makanan yang lebih sehat, karena berarti Anda tahu cara membaca label makanan.

Sering mengonsumsi makanan bebas gluten dapat membuat Anda mrngonsumsi lebih banyak makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan daging tanpa lemak. Perubahan pola makan ini seringkali lebih sehat dan lebih rendah kalori.

“Menghindari burger keju dan kentang goreng, dan lebih memilih makanan bebas gluten seperti salad, dada ayam, dan kentang, berarti Anda telah memilih makanan yang jauh lebih rendah kalori, yang mana seiring waktu, ini dapat menyebabkan penurunan berat badan,” kata DiGeronimo.

Baca juga: Utak-atik Gen, Ilmuwan Ciptakan Gandum Bebas Gluten

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com