Dua Jerapah Kerdil Ditemukan Pertama Kali di Alam Liar

Kompas.com - 06/01/2021, 18:30 WIB
Jerapah kerdil yang ditemukan di alam liar. Jerapah ini ditemukan saat dilakukan pemetaan fotografi terhadap populasi jerapah di Taman Nasional Murchison Falls, Uganda. Michael B Brown/IFLSCIENCEJerapah kerdil yang ditemukan di alam liar. Jerapah ini ditemukan saat dilakukan pemetaan fotografi terhadap populasi jerapah di Taman Nasional Murchison Falls, Uganda.


KOMPAS.com- Saat sedang melakukan survei fotografi populasi jerapah di Taman Nasional Murchison Falls, Uganda, peneliti menemukan sesuatu hal yang tak terduga.

Seekor jerapah liar tampak berbeda dengan yang lainnya. Kakinya lebih pendek meski memiliki ukuran tubuh jerapah dewasa.

Itu bukan yang pertama. Sebab, ketika peneliti melakukan pekerjaan yang sama di Namibia, mereka juga mendapati jerapah kedua dengan kelainan morfologi serupa.

Jerapah kedua ini harusnya telah dewasa karena diperkirakan lahir pada tahun 2014. Namun kaki-kakinya justru tak ikut berkembang seperti layaknya jerapah dewasa lainnya.

Baca juga: Spesies Terakhir di Dunia, Jerapah Putih Ini Dilengkapi GPS

 

Seperti dikutip dari IFL Science, Rabu (6/1/2021) peneliti meyakini kedua jerapah tersebut dipengaruhi oleh kondisi yang mirip dengan displasia kerangka. Kondisi tersebut memengaruhi panjang tungkai termasuk kekerdilan atau dwarfisme.

Temuan ini pun menjadi yang pertama ditemukan di alam liar. Peneliti kemudian mempublikasikan temuan mereka itu dalam jurnal BMC Research Notes.

Mengukur tinggi jerapah memang terbilang sulit karena mereka memiliki tinggi rata-rata 4,6 meter hingga 6,1 meter.

 

Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkan metode pengukuran jerapah yang disebut fotogrametri. Teknik ini menggunakan pengintai laser untuk mengukur jarak antara fitur yang diinginkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X