Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Diet Terbaik 2021: Mediterania Peringkat Pertama, Keto Terendah

Kompas.com - 06/01/2021, 12:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Diet Mediterania disebut sebagai diet terbaik 2021. Penghargaan yang diraih selama empat tahun berturut-turut ini diumumkan oleh US News & World Report pada Senin (4/1/2021).

Menyusul diet mediterania, diet DASH di bawahnya.

Diet DASH adalah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Namanya cukup to the point. Intinya, saat menjalani pola makan ini Anda perlu mengonsumsi lebih banyak makanan sehat, mengurangi konsumsi makanan yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh, serta membatasi konsumsi garam, gula, dan daging merah.

Urutan diet yang terbaik hingga terburuk

Diet Mediterania memiliki beberapa keunggulan sehingga membuatnya lebih unggul dari yang lain. Selain sangat mudah diakses, berkelanjutan, diet ini pun tidak banyak membatasi pola makan seseorang.

Diet Mediterania fokus kepada makanan-makanan berbasis tanaman, sayur, buah, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan. Diet ini juga tidak terlalu ketat karena masih memperbolehkan konsumsi beberapa makanan. Jika mengikuti diet mediterania secara tepat, kita dapat memperoleh manfaatnya.

Dilansir CNN, Selasa (5/1/2021), selagi diet Mediterania dan Dash paling unggul, diet dukan dan keto yang menekankan makanan tinggi protein atau makanan tinggi lemak dengan minim karbohidrat berada di urutan terakhir.

Diet dukan dan keto dinilai buruk oleh para ahli gizi karena sangat ketat, sulit diikuti, dan menghilangkan seluruh kelompok makanan yang tidak direkomendasikan dalam pedoman diet.

Untuk menilai diet, panel ahli penyakit jantung dan diabetes, nutrisi, diet, psikologi makanan, dan obesitas meninjau penelitian tentang diet dari jurnal medis, laporan pemerintah, dan sumber lainnya.

"Kami telah mengumpulkan panel yang terdiri dari 24 ahli yang fokus terkait pola makan, penurunan berat badan, dan obesitas," kata Angela Haupt, editor pengelola kesehatan di US News & World Report.

"Mereka menilai setiap diet berdasarkan sejumlah ukuran yang berbeda, termasuk seberapa diet itu mudah diikuti, seberapa besar kemungkinannya mengarah pada penurunan berat badan jangka panjang, seberapa sehat dan aman diet itu, dan seberapa efektifnya dalam mencegah atau mengelola kondisi kronis seperti diabetes dan penyakit jantung," katanya.

Ilustrasi. Ilustrasi.

Penghargaan tertinggi lain untuk diet Mediterania

Diet Mediterania tidak cuma dipilih sebagai pola makan terbaik. Analisis dari 39 pola diet menunjukkan bahwa diet Mediterania ada di posisi teratas untuk kategori pola makan nabati terbaik.

Diet Flexitarian menempati posisi kedua, diikuti oleh diet Nordik, yang mempromosikan makan makanan yang bersumber secara lokal, dan makanan rendah glisemik.

Diet Mediterania, diet DASH, dan diet Ornish juga mendapat penghargaan tertinggi dalam diet terbaik untuk kesehatan.

Diet Ornish dibuat pada tahun 1977 oleh Dr. Dean Ornish, pendiri Lembaga Penelitian Pengobatan Preventif nirlaba di California.

Ornish menyebut diet itu satu-satunya program yang terbukti secara ilmiah untuk memulihkan penyakit jantung dalam uji klinis acak tanpa obat atau operasi.

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com