Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Baru, Tubuh Platipus Bisa Menyala dalam Gelap

Kompas.com - 06/11/2020, 12:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hewan berparuh bebek, Platipus, menambah daftar panjang keanehannya lagi.

Kini peneliti berhasil menemukan, jika mamalia yang bereproduksi dengan bertelur itu ternyata memiliki bulu bioluminesensi, sehingga dapat membuat tubuhnya memancarkan cahaya.

Seperti dikutip dari IFL Science, Kamis (5/11/2020) saat terkena sinar ultraviolet (UV) bulu coklat platipus berubah menjadi biru kehijauan cerah.

Baca juga: Peneliti Temukan Bukti Awal Perilaku Sosial pada Mamalia

Temuan yang kemudian dipublikasikan di jurnal Mammalia ini berawal dari kelompok peneliti yang tengah mempelajari lumut di malam hari.

Tergerak oleh rasa ingin tahu, para peneliti kemudian juga menyinari spesimen platipus yang terdapat di Field Museum of Natural History, Chicago. Mereka menyinari tiga spesimen yang terdiri dari 2 jantan dan 1 betina.

"Ini adalah campuran kebetulan dan keingintahuan yang membuat kami menyinari platipus di Field Museum. Tapi kami juga tertarik untuk melihat seberapa dalam sifat bulu bioluminesensi di pohon mamalia," ungkap Paula Spaeth Anich, penulis utama dari Northland College.

Ternyata saat terkena sinar UV, tubuh platipus mulai bersinar. Namun fluoresensi terkuat terlihat pada perut hewan.

Polanya tidak dimorfik secara seksual, artinya baik jantan dan betina bersinar di tempat yang sama dengan intensitas sama.

Baca juga: Termasuk Mamalia, Paus Berparuh Bisa Tahan Napas Lebih dari 3 Jam

Para peneliti percaya, bahwa kemampuan platipus untuk bioluminesensi bisa jadi merupakan bentuk adaptasi terhadap predator yang sensitif terhadap sinar UV.

Namun penelitian berbasis lapangan akan menjadi penting untuk mendokumentasikan bioluminesensi dan fungsi ekologisnya pada hewan liar.

Sementara itu, mamalia lain yang diketahui memiliki kemampuan bioluminesensi adalah oposum.

Baik platipus dan oposum aktif saat senja, fajar, dan malam hari. Kemampuan ini juga mungkin ada hubungannya supaya mereka bisa terlihat oleh anggota spesies lain saat gelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com