Serba serbi Hewan: Gajah Takut Serangga Kecil seperti Lebah

Kompas.com - 06/11/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi spesies gajah Afrika ShutterstockIlustrasi spesies gajah Afrika

KOMPAS.com - Gajah, hewan terbesar di darat rupanya takut serangga kecil seperti lebah.

Saat mendengar dengungan lebah, gajah akan mengepakkan telinga besarnya, membuat debu naik ke atas, dan bersuara bising.

Lebah tentunya tidak bisa menembus kulit gajah yang sangat tebal, tetapi lebah bisa berkerumun di dekat tubuhnya.

Lebah Afrika sangat agresif ketika berkerumunan dalam kelompok besar.

Saat ada ratusan lebah di sekeliling gajah dan menyengat area sensitif seperti belalai, mulut, dan mata, hewan besar itu dapat terluka.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Seperti Lidah, Gurita Merasakan Mangsa Lewat Lengan

Ancaman lebah sangat dirasakan oleh gajah sehingga para konservasionis menggunakannya untuk membantu mencegah jenis konflik yang membahayakan gajah.

Hewan yang kini terancam punah kerap ditembak petani yang mencoba menyelamatkan tanaman mereka dari gajah yang mencari makan di malam hari. Tak jarang, petani meminta bantuan pemburu untuk ikut "menjaga ladang".

Diberitakan New York Times, (26/1/2018), dalam beberapa tahun terakhir, peneliti telah membujuk para petani lebih baik memanfaatkan lebah untuk melindungi tanaman dari gajah dibanding menembakinya.

Dengan membuat sarang lebah setiap 20 meter, yang diselingi dengan sarang palsu, tim peneliti di Afrika membuktikan bahwa cara ini berhasil menjauhkan 80 persen gajah dari lahan pertanian.

Rekan peneliti Universitas Oxford yang dipimpin Lucy King pun pernah melakukan riset terkait interaksi antara gajah dan lebah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X