Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Peliharaan Jaga Kesehatan Mental Selama Lockdown, Studi Jelaskan

Kompas.com - 30/09/2020, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Bukan hanya anjing dan kucing, studi mengungkapkan bahwa hewan peliharaan dapat menjauhkan stres pemiliknya selama lockdown.

Menurut sebuah penelitian di Inggris, hewan peliharaan adalah kekuatan untuk mendukung emosional yang penting bagi orang-orang selama penguncian atau lockdown.

Seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (29/9/2020), keberadaan hewan peliharaan ini dapat mengurangi rasa kesepian yang banyak dilaporkan, serta meningkatkan kesehatan mental selama lockdown.

"Studi ini sangat penting karena telah menunjukkan bagaimana memiliki hewan peliharaan di rumah, dapat menahan beberapa tekanan psikologis yang terkait dengan lockdown," ungkap peneliti perilaku hewan Daniel Mills dari University of Lincoln.

Baca juga: Hewan Peliharaan Ternyata Bantu Penyembuhan Gangguan Mental

 

Seperti diketahui, kesepian dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Penelitian sebelumnya, menurut peneliti, hewan peliharaan dapat sangat membantu orang yang hidup dengan penyakit mental yang parah, seperti gangguan bipolar dan skizofrenia.

Kendati demikian, studi ini melibatkan survei terhadap orang dari berbagai kalangan dan dalam keadaan yang sebagian besar belum pernah terjadi sebelumnya.

Survei ini dilakukan antara pertengahan April dan akhir Mei, pada hampir 6.000 orang yang tinggal di Inggris selama masa penguncian atau karantina wilayah.

Baca juga: Survei Virus Corona pada Hewan Peliharaan di Indonesia, Ini Hasilnya

 

Setidaknya, sebagian besar peserta studi adalah pecinta hewan, yang memiliki paling tidak satu hewan peliharaan.

"Meskipun demikian, dalam sampel pecinta hewan, hewan memiliki kaitan dengan efek yang agak dilemahkan dari pengalaman penguncian pada kesehatan mental dan kesepian," kata peneliti dalam makalah studi.

Indikator survei terdiri dari beberapa pertanyaan terkait seberapa dekat dengan hewan peliharaan, kenyamanan, hingga penilaian kesehatan mental para peserta itu sendiri melalui kuesioner.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com