Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2020, 16:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Jumlah kasus orang yang terinfeksi virus corona baru di seluruh dunia terus meningkat. Sebagian besar pasien Covid-19 yang meninggal memiliki kondisi kesehatan tertentu yang membuat mereka rentan tertular.

"Ini infeksi baru, tapi dari pengalaman kami menangani epidemi flu, orang dengan riwayat penyakit tertentu akan memiliki kondisi yang lebih buruk," ujar Fan Chung, seorang pakar pernapasan di Imperial College.

"Sebuah makalah yang terbit di New England Journal of Medicine, yang melihat 1.001 kasus pertama di Wuhan, menemukan bahwa penderita diabetes, hipertensi, jantung, COPD, kanker, dan penyakit ginjal bernasib lebih buruk," imbuhnya seperti dilansir The Telegraph, MInggu (12/4/2020).

Baca juga: Virus Corona Covid-19 Memperparah Asma, Ini yang Perlu Diketahui

Studi lain di China menemukan orang dengan penyakit jantung, diabetes, dan kanker memiliki peluang 79 persen terinfeksi virus corona baru dan harus dirawat di rumah sakit.

Lebih buruk lagi, ada potensi besar bagi pasien dengan riwayat penyakit tersebut meninggal dunia akibat virus. Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Berikut adalah kondisi kesehatan mendasar yang memicu seseorang berisiko lebih tinggi terinfeksi virus corona.

Berbagai penyakit yang picu komplikasi saat terinfeksi virus corona

Diabetes

Ilustrasi tes darah, diabetesShutterstock/Proxima Studio Ilustrasi tes darah, diabetes

Orang dengan diabetes menghadapi risiko komplikasi yang lebih tinggi jika mereka terinfeksi virus corona.

Fakta bahwa kadar glukosa yang berfluktuasi atau meningkat membuat kekebalan tubuh melemah. Ini artinya, pasien dengan diabetes kurang memiliki perlindungan terhadap virus.

"Virus corona penyebab Covid-19 dapat menyebabkan gejala dan komplikasi yang lebih parah pada pasien," kata Dan Howarth dari Diabetes UK.

"Jika Anda menderita diabetes dan memiliki gejala seperti batuk, suhu tinggi, dan napas pendek, Anda perlu memantau gula darah dengan cermat dan menghubungi layanan kesehatan."

Sementara itu, pasien diabetes yang tidak memiliki gejala dan baru-baru ini melakukan perjalanan dari zona merah perlu mengikuti arahan pemerintah dan tenaga kesehatan.

Penyakit jantung

Ilustrasi penyakit jantung koroner atau arteri koroner. Ilustrasi penyakit jantung koroner atau arteri koroner.

Seseorang dengan penyakit jantung cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang rendah. Dampaknya, respons kekebalan tubuh sulit mencegah paparan virus.

Covid-19 juga menargetkan paru-paru, yang dapat menyebabkan masalah bagi jantung yang sakit untuk bekerja lebih keras agar bisa mengalirkan oksigen dalam darah di seluruh tubuh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com