Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tol Beroperasi Fungsional Saat Mudik Lebaran, Cek Daftarnya

Kompas.com - 22/03/2024, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan secara fungsional empat ruas jalan tol pada momentum mudik Lebaran 2024.

Jalan tol yang dimaksud adalah Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

“Untuk Jalan Tol Jogja-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu s.d Ngawen sepanjang 22,3 kilometer dari (dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 kilometer),” terang Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Lisye mengungkapkan, jalur fungsional ini nantinya tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo.

Baca juga: Saldo Kurang di Tol, Jasa Marga Siapkan Petugas di Lokasi Ini

Jadwal pengoperasiannya dilaksanakan pada pukul 06.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB pada periode arus mudik (5 April 2024-11 April 2024).

Sementara pada periode arus balik akan dioperasikan pada 12 April 2024-15 April 2024, serta dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 nonbus.

Untuk jalur fungsional Japek II Selatan akan beroperasi dari SS Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer yang dioperasikan secara situasional sesuai diskresi kepolisian untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik, tepatnya dari arah Bandung dan sekitarnya yang menuju Jabotabek melalui Tol Japek.

Selain itu, Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur (2 lajur menjadi 3 lajur) di Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) Km 208+150 sampai dengan Km 210+190 (sepanjang lebih kurang 2,04 kilometer) serta mengoperasikan fungsional akses tol Km 99 Jalan Tol Cipularang, baik arah Jakarta maupun Bandung.

Perseroan juga memastikan bakal menyiagakan petugas bagi pengguna jalan tol yang kekurangan saldo uang elektronik (UE) agar bisa melakukan top-up (menambah saldo) saat mudik Lebaran 2024.

Akan tetapi, hanya berada di lokasi-lokasi tertentu, seperti pinggir kanan maupun kiri jalan tol, Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area, dan gardu tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com