Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Kuta-Legian-Seminyak dan Candidasa Bakal Dipasang Pengaman

Kompas.com - 07/03/2024, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2024 ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) merencanakan pengamanan di beberapa pantai di Provinsi Bali.

Kedua pantai yang dimaksud yakni Kuta-Legian-Seminyak sepanjang 5,315 kilometer dan Pantai Candidasa yang membentang 5,5 kilometer.

Untuk Pantai Kuta-Legian-Seminyak akan dilakukan pengaman pantai meliputi pekerjaan berupa pemecah gelombang lepas pantai (offshore breakwater).

Kemudian, modifikasi breakwater eksisting, dan sand nourishment untuk membentuk area pantai berpasir dengan lebar pantai tertentu.

Baca juga: Tol Bali Mandara Ditutup Sementara Selama Hari Raya Nyepi

Sementara di Pantai Candidasa, akan dilakukan pengamanan dan konservasi pantai meliputi pembangunan struktur pengamanan pantai untuk mengendalikan pergerakan sedimen serta pengisian pasir, pembangunan fasilitas umum, akses jalan setapak dan jembatan penyebrangan. 

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Bob Arthur Lombogia mengatakan, kegiatan ini masih dalam proses lelang loan (pinjaman).

Dengan pekerjaan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan fungsi dan manfaat pantai sebagai kawasan/ruang bagi masyarakat untuk berbagai kegiatan, baik kegiatan ekonomi, sosial, budaya dan keagamaan.

Ini khususnya sektor pariwisata yang dapat menunjang perekonomian lokal, daerah dan provinsi daerah, serta Provinsi Bali pada umumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com