Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telah Diresmikan Jokowi, Kini Makassar New Port Punya Akses Tol

Kompas.com - 22/02/2024, 11:36 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) Tahap I dan Tahap II sepanjang 3,4 km di Sulawesi Selatan pada Kamis (22/02/2024).

Informasi tersebut sebagaimana dikutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

Kepala BPJT Miftachul Munir melaporkan dalam penjelasan panel, akses tol MNP bagian dari jaringan jalan tol di Kota Makassar.

Lebih dulu terbangun dan beroperasi yaitu seksi I dan II dari Pelabuhan ke arah kota pada tahun 1998, kemudian seksi IV menyambungkan ke arah Bandara yang dioperasikan pada tahun 2008, kemudian seksi III yang masuk ke dalam kota.

"Jalan Akses Tol Makassar New Port menyambungkan pelabuhan lama ke pelabuhan baru dengan panjang 3,2 km dengan total investasi Rp. 705 Miliar yang sekaligus akan melengkapi jaringan jalan tol di kota Makassar dan sekitarnya," jelas Miftachul Munir.

Baca juga: Tol Paspro Hubungkan 3 Area Jatim, Permudah Akses ke Bromo Tengger Semeru

Kehadiran Akses Tol MNP diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan di wilayah tersebut dengan adanya akses langsung bagi kendaraan logistik dari dan menuju ke Makassar New Port.

Khususnya di daerah Jalan Teuku Umar di Kota Makassar karena banyaknya kendaraan truk logistik yang parkir di pinggir jalan untuk kegiatan bongkar muat.

Pengguna jalan tol dari arah Pelabuhan lama dan Bandara Sultan Hasanuddin International Airport serta KIMA dapat langsung menuju ke pelabuhan baru Makassar New Port.

Pengendara dari arah pelabuhan lama yang ingin menggunakan jalan akses tol baru ini dapat masuk ke jalan tol dan melewati Gerbang Tol Cambaya lalu mengambil lajur kiri kemudian naik ke Jalan Akses Tol MNP.

Kemudian pengendara dari arah Bandara ataupun KIMA dapat memilih akses jalan ke arah Makassar New Port di percabangan jalan menuju ke Pelabuhan dan Panakkukang lalu naik ke Jalan Akses Tol MNP.

Sementara untuk keluar dari Jalan Akses Tol MNP pengendara dapat memutar menuju ke Jalan Sultan Abdullah, untuk pengendara yang menuju ke arah bandara dapat belok kiri menuju ke Gerbang Tol Tallo Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com